test

News

Senin, 16 November 2020 10:20 WIB

Adakan Kerumunan Saat Covid-19, Bertanggung Jawab di Dunia dan Juga Pada Allah

Editor: Fitriawan Ginting

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. (Foto : PMJ/BNPB).

PMJ- Di masa pandemi Covid-19 ini, semua pihak diminta untuk menahan diri khususnya mengadakan kerumunan. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan, siapapun pihak yang menggelar acara dan menimbulkan kerumunan akan dimintai pertanggungjawaban oleh Allah SWT.

Menurutnya, kerumunan sangat sensitif dan berisiko tinggi dalam menularkan virus Covid-19 dari satu orang ke orang lainnya.

"Kami dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19 sekali lagi mengajak seluruh komponen masyarakat untuk betul-betul patuh terhadap protokol kesehatan, khususnya yang berhubungan dengan tidak terjadinya kerumunan," jelas Doni Monardo di RSD Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Minggu (15/11/2020).

"Sejumlah aktivitas yang menciptakan kerumunan hampir pasti bisa menimbulkan penularan Covid-19 dan bisa tertular satu sama lainnya. Dan mereka yang menyelenggarakan kegiatan tersebut nantinya bukan hanya mendapatkan sanksi di dunia oleh pemerintah, tetapi juga kelak di kemudian hari akan mendapatkan pertanggungjawaban dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala," sambung Doni.

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit komorbid dan lansia akan mudah tertular oleh wabah ini.

"Mungkin bagi anak muda yang usianya relatif masih di bawah 36 tahun, sehat, tidak ada komorbid, rata-rata adalah tanpa gejala. Tapi kalau saudara-saudara kita yang lain punya komorbid, usianya sudah lanjut. Maka, risikonya sangat fatal," tandas Doni.

Diharapkan, semua pihak dapat sama-sama menjaga diri dan keluarga dengan sebaik-baiknya. Dengan bekerjasama dan memperhatikan protokol kesehatan, maka diharapkan Covid-19 bisa ditekan dan dihilangkan dari Tanah Air. (Gtg-03).

BERITA TERKAIT