test

Kuliner

Rabu, 16 September 2020 17:30 WIB

Viral Odading, Jadi Langganan SBY Hingga Dicicipi Ridwan Kamil

Editor: Hadi Ismanto

Aksi kocak seorang warga bernama Ade memberikan testimoni kue odading viral di media sosial (Foto: PMJ News/Youtube)

PMJ - Penganan khas Kota Bandung kembali viral dan menjadi perbincangan warganet. Kali ini, jajanan kue odading populer setelah aksi kocak seorang warga bernama video Ade memberikan testimoni saat mencicipinya beredar di media sosial.

"Belilah odading mang oleh disini, karna kalo ga makan odading mang oleh lu ga gaul sama gue bukan temen gue, goblg. Ikan hiu makan tomat Gob*g mun teu kadieu. Odading mang oleh rasanya.. anj**g banget," seru Ade dengan nada tinggi.

Setelah video tersebut viral, rupanya banyak yang tidak tahu kue odading. Meski disebut sebagai jajanan khas Bandung, namun odading sebenarnya juga dijual di daerah lain, hanya saja penyebutannya berbeda. Salah satunya disebut kue bantal atau bolang baling di Jawa Tengah.

Kue odading Mang Oleh sendiri berada di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Jawa Barat. Pemilik usaha odading bernama Oleh (60) mengakui dagangannya laku keras hingga empat kali lipat setelah videonya viral sejak Jumat (11/9/2020) lalu.

Namun, pria yang akrab disapa Mang Oleh itu mengklaim jajanan odading ini populer bukan baru-baru ini saja. Menurut dia, kedainya sudah menjadi langganan para pesohor seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono sebelum menjadi presiden.

Bahkan, lanjut Oleh, kue odading dan cakwenya pernah menjadi makanan jamuan Istana Negara saat kedatangan Presiden Amerika Serikat George W. Bush. Terlebih, kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mendongkrak produknya menjadi kian terpromosikan.(Hdi)

BERITA TERKAIT