test

Suara Pemilu

Minggu, 8 November 2020 13:08 WIB

Surat Suara Pilkada Dicetak di Jatim, KPU dan Forkopimda Sulut Jamin Pendistribusian

Editor: Hadi Ismanto

Forkopimda dan KPU Sulawesi Utara menyaksikan pencetakan perdana surat suara Pilkada Sulut 2020. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ - Pelaksana jabatan sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni bersama Forkopimda dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut melakukan kunjungan kerja ke PT Temprina Media Grafika Gresik, Jawa Timur, Sabtu (7/11/2020).

Kunjungan tersebut dalam rangka approval desain surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara 2020. Dengan persetujuan ini, surat suara akan mulai diproduksi.

"Kunker ini dilakukan dalam rangka meninjau tempat produksi surat suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 di Sulut," ungkap Fatoni.

Forkopimda dan KPU Sulawesi Utara menyaksikan pencetakan perdana surat suara Pilkada Sulut 2020. (Foto: PMJ News/Istimewa).

Agus Fatoni juga berharap penyedia mendahulukan pendistribusian surat suara di KPU kabupaten/kota se-Sulawesi Utara dari daerah lain. Alasannya, Sulut memiliki tiga kabupaten yang lokasinya jauh yaitu Kabupaten Sangihe, Kabupaten Sitaro dan Kabupaten Talaud.

"Kami menyiapkan personil kepolisian mengamankan surat suara yang ada di pelabuhan hingga diantar ke KPU kabupaten/kota," ujarnya.

Senada dengan Ketua KPU Sulut, Kapolda Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak menegaskan pihaknya melakukan pengamanan di lokasi percetakan surat suara.

"Ada sejumlah personil yang ditugaskan untuk memastikan surat suara dicetak sesuai ketentuan dalam PKPU," tutur Irjen Panca.(Hdi)

BERITA TERKAIT