test

Fokus

Kamis, 6 Agustus 2020 13:15 WIB

Penting! Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat pada 17 Agustus

Editor: Ferro Maulana

Upacara HUT Proklamasi. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ - Seluruh masyarakat Indonesia merayakan Hari Proklamasi Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

Namun pada tahun ini, wabah Covid-19 melanda Tanah Air. Meski begitu, tidak menjadikan semangat untuk merayakan HUT RI menjadi turun.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, sirine bakal berbunyi di seluruh wilayah Indonesia pada saat peringatan detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB. Warga pun diharapkan mengambil sikap sempurna dalam momentum tersebut.

"Contoh Pemda punya mobil pemadam ada sirinenya, mobil Dishub, mobil kebersihan, mobil TNI-Polri juga bisa dimanfaatkan," tutur Heru ketika jumpa pers "Menyambut HUT ke-75 RI" di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (06/ 08/ 2020).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. (Foto: PMJ/ Dok Net).

"Semua disiapkan di titik strategis sehingga pada pukul 10.17 mereka sudah bisa mendengar sirine dari petugas," ujarnya menegaskan.

"Pada pukul 10.17 WIB sirine di seluruh Tanah Air berbunyi bersamaan, kita bersikap sempurna menghormati bendera yang kita cintai," katanya lagi.

Bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri diimbau juga mengambil sikap sempurna serta menghentikan aktivitas pada pukul 10.17 WIB.

Seperti, ada perbedaan waktu antara negara yang ditempatinya dengan Indonesia, maka itu bisa menyesuaikan, sepanjang perbedaannya tidak terlampau jauh.

"Menyesuaikan kondisi di sana. Kalau beda dua jam ya warga negara wajib ikuti. Tapi kalau beda 10 jam ya (tidak apa-apa, red) ," tandasnya. (FER).

BERITA TERKAIT