test

Hukrim

Senin, 20 April 2020 18:31 WIB

Kriminalitas Meningkat Selama PSBB di DKI, Polisi Peta-kan Kawasan Rawan Kejahatan

Editor: Ferro Maulana

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus berikan keterangan. (Foto: PMJ News/Fjr).

PMJ – Polda Metro Jaya menjelaskan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejumlah tren kriminalitas meningkat di DKI Jakarta. Kejahatan pencurian dengan pemberatan, penipuan, dan hoax disebut mengalami peningkatan dibandingkan sebelum terjadi wabah virus Corona (atau Covid-19).

“Jadi selama PSBB ini ada pergeseran kriminalitas tindak kejahatan. Kemudian juga sedang tren beberapa kasus kriminal,” demikian kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (20/04/2020).

Kombes Yusri juga menyebut ada sejumlah tren kejahatan yang mengalami pergeseran serta peningkatan. Antara lain, pencurian di sebuah minimarket, kejahatan penipuan, dan kejahatan penyebaran berita bohong atau hoax meningkat.

“Selama pandemi ini ada beberapa tren kasus yang sedang meningkat seperti pencurian di minimarket, penipuan, serta pemberitaan palsu atau hoax,” ungkap Yusri.

Dirinya juga menyebut pihaknya telah melakukan pemetaan terkait kawasan mana yang menjadi rawan kejahatan jalanan (street crime) dan kejahatan lainnya.

“Polda Metro Jaya sudah perintahkan semua wilayah di bawah kendali Dirreskrimum untuk memetakan wilayah rentan kejahatan di wilayah Polda yang mana dalam pemetaan itu berisikan data informasinya, kemudian riwayat kejahatan, waktu kejadian, dan modusnya," ujarnya menjelaskan.

“Kita juga akan melakukan patroli dan penjagaan di wilayah yang sudah kita mapping. Kita lakukan hal tersebut guna antisipasi adanya kejahatan yang beredar dan membuat masyarakat resah,” pungkasnya. (FJR/ FER).

BERITA TERKAIT