test

News

Jumat, 30 Agustus 2024 14:35 WIB

4.730 Personel Polisi Siap Amankan Kegiatan Paus Fransiskus dan ISF 2024

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Karo PID Divhumas Polri, Brigjen Pol Tjahyono Saputro. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya bersama dengan Mabes Polri menggelar tactical floor game (TFG) Operasi Tribrata Jaya terkait kegiatan pengamanan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan Internasional Sustainability Forum (ISF) 2024.

Kegiatan tactical floor game (TFG) ini berlangsung di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya (BPMJ) pada hari ini Jumat (30/8/2024).

Karo PID Divhumas Polri, Brigjen Pol Tjahyono Saputro mengatakan kegiatan pengamanan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 2 September hingga 7 September 2024.

"Dalam operasi ini, personel yang dilibatkan sebanyak 4.730 personel," ujar Tjahyono Saputro kepada wartawan, Jumat (30/8/2024).

Tjahyono mengungkapkan, ribuan personel yang akan dikerahkan berasal dari 1.210 personel Mabes Polri dan 3.520 personil jajaran Polda Metro Jaya.

"Kemudian dalam operasi ini kita juga bekerja sama dengan Paspampres, kemudian dengan BNPT, BSSN, dan unsur TNI, yang mana dalam pelaksanaan nanti, TFG gabungan akan dilaksanakan di Cilangkap pada tanggal 1 September 2024," terangnya.

Lebih lanjut Tjahyono menuturkan, TFG ini dilaksanakan untuk membuat skenario-skenario penanganan berbagai kemungkinan yang bisa mengganggu pelaksanaan pengamanan kegiatan tersebut.

"Jadi tadi di dalam latihan TFG sudah diskenariokan apa-apa kemungkinan yang terburuk terjadi, mulai dari gangguan terorisme, kemudian unjuk rasa terhadap orang-orang yang mungkin tidak berkenan kehadiran ini, termasuk juga dengan adanya gempa bumi," terangnya.

"Tetapi kita berdoa semoga hal-hal yang tadi kita skenariokan tidak terjadi," imbuhnya.

BERITA TERKAIT