test

News

Kamis, 22 Agustus 2024 12:08 WIB

Penyebab Kematian Dokter Muda Undip, Menkes Segera Mengumumkan

Editor: Fitriawan Ginting

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Penyebab kematian mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) dr. Aulia Risma yang tengah menjalani Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Anestesi di RS Dr. Kariadi, Semarang, Jawa Tengah, akibat bunuh diri diduga karena bullying.

Terkait hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan bakal segera mengumumkan benar atau tidaknya akibat bullying. Ia mengatakan, saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan kasus atas meninggalnya Aulia.

Menkes sendiri mengaku sudah mengetahui kasus tersebut, apa sebenarnya yang menimpa Aulia. Sayangnya, Budi Gunadi enggan untuk menjelaskannya. Ia lebih memilih agar pihak kepolisian untuk menerangkannya.

"Ya mudah-mudahan secepatnya nanti bisa polisi sama Kementerian Kesehatan. Jadi sudah cukup gamblang dan jelas apa yang terjadi. Tapi, biarkan polisi yang sedang melakukan penyelidikan," kata Budi Gunadi di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Ditambahkan Budi, dirinya telah bertemu keluarga dr. Aulia. Tetapi, Ia tak bisa membeberkan hasil pertemuannya dengan keluarga almarhumah.

"Saya kemarin sudah ketemu keluarga, sudah ketemu ibunya," ungkapnya.

Sebelumnya, Menkes memastikan bahwa mahasiswa Undip itu meninggal akibat bunuh diri. Hal ini setelah ditemukan bukti dari catatan harian.

"Kita sudah menemukan, ada bukti catatan hariannya. Jadi kita bisa melihat perkembangan moral kejiwaannya, dia seperti apa. Kita juga cukup detail ditulis di buku hariannya," katanya beberapa waktu lalu.



BERITA TERKAIT