test

Politik

Jumat, 26 Juni 2020 14:22 WIB

Wapres: Kaum Milenial Paling Rawan Terpapar Penyalahgunaan Narkoba

Editor: Ferro Maulana

Wapres KH Ma’ruf Amin . (Foto: Instagram KH Ma'ruf)

PMJ - Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa peringatan Hari Antinarkoba Internasional (Hani) 2020 harus dijadikan momentum untuk menunjukkan kewaspadaan terhadap bahaya narkotika. Menurutnya, kaum milenial paling rawan terpapar penyalahgunaan narkotika.

“PBB yang mengurusi masalah narkoba menyebutkan tahun 2018, sebanyak 275 juta penduduk atau 5,6% dari jumlah penduduk di dunia dengan usia 15-65 tahun pernah mengonsumsi narkoba,” terang Ma’ruf Amin saat memberikan sambutan dalam acara peringatan Hani 2020 di kantor BNN, Jalan MT Haryono, Jakarta, Jumat (26/06/2020).

Masih dari keterangan Ma’ruf, menurut Badan Nasional Narkotika (BNN) melaporkan angka penyalahgunaan narkoba di Indonesia pada 2017 mencapai 3,37 juta jiwa dengan rentang usia 10-59 tahun. Angka tersebut mengalami kenaikan pada 2019 menjadi 3,6 juta jiwa.

Sementara itu, penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja pada 2018 mencapai 2,29 juta jiwa.

“Masyarakat yang paling rawan terpapar penyalahgunaan narkoba adalah mereka yang berada pada rentang usia 15-35 tahun atau generasi milenial. Hal ini memerlukan perhatian khusus,” tuturnya.

Lanjutnya, salah satu penyebar terjadinya peredaran narkoba yaitu tingginya supply dan demand terhadap obat-obat terlarang tersebut.

“Karena itu, penegakan hukum harus dilakukan secara konsisten sebab Indonesia akan memasuki gerbang bonus demografi. Dalam hal ini, paling banyak adalah generasi milenial sebagai generasi penerus bangsa,” ujarnya.

“Kita harus menjaga generasi milenial. Mereka harus sehat dan produktif, harus hidup 100 persen dan hidup bahagia tanpa narkoba. Mari kita bersama-sama menyelamatkan generasi milenial, anak, cucu, dan bangsa kita dari bahaya narkoba,” katanya lagi menutup pembicaraan. (FER).

BERITA TERKAIT