test

News

Senin, 22 Juli 2024 09:05 WIB

Amankan Unjuk Rasa BEM SI, Polisi Kerahkan 1.231 Personel Gabungan

Editor: Hadi Ismanto

Ribuan personel gabungan diterjunkan untuk pengamanan demo. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Sebanyak 1.231 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2024).

"Untuk pengamanan aksi elemen masyarakat di bundaran Patung Kuda Monas dan sekitarnya, kami melibatkan 1.231 personel gabungan," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Susatyo menambahkan personel gabungan terdiri dari Polri, TNI dan Pemprov DKI Jakarta. Nantinya mereka akan ditempatkan di sejumlah titik sekitar Bundaran Patung Kuda Monas hingga depan Istana Negara.

Sementara terkait rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi unjuk rasa, lanjut Susatyo, hanya bersifat situasional dengan melihat kondisi di lapangan. Apabila diperlukan jalan menuju arah Istana Negara akan dialihkan.

"Apabila jumlah massanya tidak banyak, lalu lintas normal seperti biasa. Kita lihat nanti jumlah massanya," ucapnya.

"Bila nanti di sekitaran bundaran Patung Kuda Monas itu massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka arus lintas yang akan mengarah ke Jalan Merdeka Barat akan dialihkan," sambungnya.

Susatyo juga menekankan kepada personel yang bertugas di sekitar Patung Kuda untuk tidak membawa senjata api maupun sangkur. Dia juga meminta para komandan dan Provost mengecek kembali angotanya.

"Pastikan anggotanya jangan ada yang membawa senjata api maupun sangkur, apabila ada segera amankan dan titipkan kepada Provost atau komandan untuk disimpan," pintanya.

Pada kempatan yang sama, Susatyo juga mengimbau agar masyarakat yang menyampaikan pendapatnya untuk tetap tertib dan tidak terprovokasi pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan..

"Lakukan unjuk rasa dengan damai, tidak memaksakan kehendak, tidak anarkis dan tidak merusak fasilitas umum. Hormati dan hargai pengguna jalan yang lain yang akan melintas di bundaran Patung Kuda Monas dan beberapa lokasi lain," tukasnya.

BERITA TERKAIT