test

News

Minggu, 14 Juli 2024 10:03 WIB

5 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh untuk Cegah Penyakit

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kesehatan bisa menjadikan Anda hidup lebih lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)
Menjaga kesehatan bisa menjadikan Anda hidup lebih lama. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Banyak cara dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, imunitas tubuh yang kuat menjadi kunci utama untuk melindungi diri dari berbagai penyakit.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Mulai dari pola makan yang seimbang hingga rutinitas olahraga teratur.

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (14/7/2024), berikut sederet tips efektif yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh secara alami yang dalam kehidupan sehari-hari:

1. Cuci Tangan dengan Benar
Langkah pertama untuk melindungi diri dari penyakit adalah dengan mencuci tangan secara teratur. Gunakan sabun dan air mengalir, dan cuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Jika tidak ada sabun dan air, hand sanitizer dengan minimal 60 persen alkohol dapat digunakan sebagai pengganti, meskipun tidak efektif untuk membersihkan semua kuman.

2. Minum Air yang Cukup
Air berperan penting dalam tubuh manusia, termasuk mendukung sistem imunitas. Air penting karena darah dan limfatik yang mengandung sel-sel kekebalan tubuh membutuhkan air untuk mengalir dan beredar di seluruh tubuh.

Pastikan untuk menggantikan kehilangan cairan dalam tubuh dengan minum air yang cukup sesuai dengan kebutuhan harian, bahkan jika tidak sedang berolahraga atau berkeringat.

3. Minimalkan Stres
Stres kronis dapat mempengaruhi kesehatan, termasuk sistem kekebalan tubuh. Stres dapat mengganggu pola tidur, sehingga merusak pola makan, serta mengurangi frekuensi berolahraga.

Berbagai metode dapat digunakan untuk mengurangi stres, seperti teknik pernapasan dalam, meditasi, beribadah, atau olahraga.

4. Berhenti Merokok
Dilansir dari CDC, merokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk arthritis rheumatoid.

Berhenti merokok adalah langkah penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan nasihat tentang cara berhenti merokok yang efektif dan hindari paparan asap rokok dari orang lain.

5. Lakukan Olahraga Rutin
Olahraga adalah cara sederhana untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh. Selain itu, olahraga dapat mengurangi stres dan risiko terkena osteoporosis, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker.

Lakukan setidaknya setengah jam olahraga setiap hari dengan aktivitas seperti bersepeda, berjalan kaki, yoga, berenang, atau bermain golf.

BERITA TERKAIT