test

Kesehatan

Kamis, 20 Mei 2021 10:05 WIB

5 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Meskipun rasanya yang sangat asam atau kecut,jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Meskipun rasanya yang sangat asam atau kecut, tak dapat dipungkiri jika jeruk nipis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini mengandung banyak senyawa bervitamin yang baik menjaga tubuh baik dalam maupun luar.

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamin (20//5/2021), berikut lima manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Imunitas
Jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

2. Mencegah Kanker
Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

3. Membantu Mengobati Asam Urat
Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

4. Menurunkan Kolesterol
Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

5. Menyehatkan ginjal
Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.

BERITA TERKAIT