test

News

Sabtu, 13 April 2024 14:39 WIB

Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan Sejumlah Strategi Urai Kemacetan

Editor: Hadi Ismanto

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah strategi untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di Jakarta dan sekitarnya saat arus balik Lebaran 2024.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan setidaknya lebih dari satu juta kendaraan diperkirakan akan kembali ke Jakarta pada arus balik Lebaran.

"Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1.035.000 sekian kendaraan yang keluar," ungkap Latif Usman dalam keterangannya, Sabtu (13/4/2024).

Menurut Latif, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas contraflow apabila terjadi penumpukan kendaraan di Tol Dalam Kota. Hal itu untuk mengantisipasi kepadatan dan mencegah terjadinya kemacetan.

"Kita akan melakukan contraflow dari Pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR," tuturnya.

Namun, Latif menjelaskan penerapan rekayasa lalu lintas tersebut merupakan langkah terakhir yang akan diambil sebagai upaya mengurai kemacetan.

Latif juga menyarankan pemudik untuk memanfaatkan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai tol fungsional yang dibuka mulai 06.00-17.00 WIB. Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi adanya kemacetan di simpang susun Tol Cikunir.

"Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis-Cibitung), tidak melewati ke Cikunir. Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan," terangnya.

"Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang, silakan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper, yaitu Tanjung Priok, akan lebih mudah," imbuhnya.

BERITA TERKAIT