test

News

Jumat, 12 April 2024 13:39 WIB

Jasa Marga Minta Pemudik Kembali Sebelum Puncak Arus Balik

Editor: Hadi Ismanto

Gerbang Tol Cikampek Utama. (Foto: PMJ/Dok Jasa Marga).

PMJ NEWS - PT Jasa Marga memperkirakan puncak arus balik lebaran 2024 terjadi 13-15 April mendatang. Untuk menghindari macet horor, pemudik diimbau untuk melakukan perjalanan pulang sebelum tanggal tersebut.

Imbauan ini disampaikan Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur usai rapat koordinasi bersama Korlantas Polri, Menteri Perhubungan (Menhub), dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Kamis (11/4/2024).

Dalam pemaparannya, dia menjelaskan realisasi volume lalu lintas masuk-keluar Jakarta pada 3 April hingga 11 April 2024 di 4 Gerbang Tol Utama (GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) mencapai 1,5 juta kendaraan atau meningkat 45,6% terhadap normal dan meningkat 0,8% terhadap Lebaran 2023.

"Kami perkirakan hari ini (Kamis,red) masih sekitar 206 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. Jumlah ini merupakan 11,7% dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang melewati empat gerbang tol utama," ungkap Subakti dalam keterangannya.

"Nantinya total lalu lintas yang mudik ini akan kembali bersama-sama menuju Jabotabek dalam waktu yang cukup singkat pada periode arus balik yang diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari Senin, 15 April 2024 mendatang," sambungnya.

Merujuk hal itu, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah antisipasi pelayanan arus balik berdasarkan hasil evaluasi. Tidak hanya pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi, pelayanan preservasi, atau pelayanan rest area, namun juga meningkatkan pelayanan berbasis teknologi.

"Untuk memantau volume lalu lintas serta kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh jalan tol, Jasa Marga menggunakan teknologi Traffic Counting berbasis radar dan CCTV Analytic berbasis Artificial Intelligence (AI)," tukasnya.

BERITA TERKAIT