test

News

Rabu, 6 Maret 2024 10:33 WIB

Korlantas Polri Siapkan Skema Rekayasa Lalin di Tol Trans Jawa Selama Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dalam Rakor Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di ruas Tol Trans Jawa selama masa mudik Lebaran 2024. Penerapan ini untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pengelolaan Arus Lalu Lintas Mudik-Balik Lebaran 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Menurut Aan, beberapa skema yang akan diterapkan antara lain contraflow, one way, dan ganjil-genap. Berbagai skema itu bakal mulai diberlakukan mulai 5 April 2024 mendatang.

"Itu akan kita berlakukan untuk contraflow, kemudian one way, kemudian pembatasan angkutan barang tertentu. Itu akan mulai. Berlaku tanggal 5 April 2024 pukul 14.00 WIB," ungkap Aan Suhanan.

Aan menjelaskan, penerapan contraflow akan diberlakukan pada KM 36 hingga KM 72 Tol Jakarta-Cikampek. "Lalu (Kilometer) 72 sampai dengan (kilometer) 414 Kalikangkung kita akan melakukan one way," ujarnya.

Sementara untuk skema ganjil genap, Aan mengatakan penerapannya akan diberlakukan secara situasional. Bergantung pada kepadatan arus kendaraan yang melintas.

"Kemudian pengaturan lainnya, adalah pengaturan ganjil-genap, ini akan diberlakukan sesuai dengan situasi yang ada," ucapnya.

Kendati begitu, Aan belum dapat merinci jadwal pemberlakuan skema tersebut. Dia menyebut segala upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah saat masa mudik Lebaran 2024.

"Apabila tidak ada mengatur ini, ini arus lalu lintas akan terjadi stagnasi," tukasnya.

BERITA TERKAIT