test

News

Rabu, 7 Februari 2024 14:33 WIB

Jelang Pencoblosan Pemilu 2024, Jokowi Minta Aparat Jaga Netralitas

Editor: Fitriawan Ginting

Presiden Jokowi beri keterangan. (Foto; PMJ/Dok Setpres).

PMJ NEWS - Pesan netralitas apparat disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu 2024. Ini disampaikan Jokowi menjelang hari pencoblosan pada sepekan mendatang.

"Saya ingin menegaskan kembali bahwa ASN TNI polri termasuk bin harus netral dan menjaga kedaulatan rakyat," kata Jokowi di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024).

Tidak hanya apparat, Jokowi juga meminta kepada kepala negara dan penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu dan seluruh jajarannya harus berintegritas. Tujuannya agar suara yang diberikan oleh rakyat sesuai tanpa manipulasi.

“KPU -Bawaslu dan seluruh jajaran sampai ke daerah harus profesional memastikan integritas Pemilu supaya suara rakyat benar-benar berdaulat," jelas Jokowi.

Terakhir, presiden meminta masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Dia berharap, seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki hak pilih dapat mencoblos berdasarkan keyakinannya.

"Saya menghimbau saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya datang ke TPS memberikan suara sesuai dengan pilihannya," pintanya.

Presiden Joko Widodo sudah menetapkan hari pemungutan suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2024, Rabu 14 Februari 2024 sebagai hari libur nasional. Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2024 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 Sebagai Hari Libur Nasional.

BERITA TERKAIT