test

Kesehatan

Senin, 5 Februari 2024 11:04 WIB

Mudah Koq, Begini Lima Cara Mandiri Obati Sakit Maag

Editor: Hadi Ismanto

Penderita maag kerap mengeluhkan kondisinya. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Sebagian orang seringkali meremehkan sakit maag. Padahal jika dibiarkan, penyakit ini dapat berbahaya karena merupakan gejala adanya gangguan lambung yang perlu diobati.

Seperti dikutip dari laman Times of India, Senin (5/2/2024), sebaiknya sakit maag langsung diobati dengan tindakan sendiri di rumah. Berikut cara mengobati sakit maag:

1. Makan Pisang Matang
Untuk mengatasi sakit maag, cobalah konsumsi pisang matang karena mengandung banyak potasium untuk melawan asam lambung yang menyebabkan rasa tidak nyaman. Pastikan memilih pisang yang sudah matang.

2. Kunyah Permen Karet Bebas Gula
Kunyah permen karet bebas gula karena dapat meningkatkan produksi air liur. Air liur membantu menelan sehingga menjaga kadar asam tetap rendah dan mengatasi masalah sakit maag.

3. Makan dalam Porsi Kecil dan Perlahan
Makan dalam jumlah banyak dan sembarangan memberikan tekanan pada katup yang menyebabkan keasaman. Oleh karena itu, makanlah dalam jumlah sedikit dan kunyah makanan secara perlahan.

4. Makan Lebih Awal
Disarankan makan 3 jam sebelum tidur karena berbaring dengan perut kenyang dapat memicu sakit maag.

5. Berhenti Merokok dan Kurangi Stres
Berhenti merokok karena merokok mengurangi jumlah produksi air liur sehingga membentuk asam di lambung. Selain itu, penderita maag juga disarankan kurangi stres.

BERITA TERKAIT