test

Olahraga

Senin, 29 Januari 2024 13:08 WIB

Timnas Indonesia Dibungkanm Australia 4-0, Menpora: Dukung Terus Timnas

Editor: Fitriawan Ginting

Timnas Indonesia saat bertemu Timnas Australia. (Foto: PMJ/Dok PSSI).

PMJ NEWS - Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar terhenti di babak 16 besar. Anak-anak asuhan Shin Tae-yong dibungkam Timnas Australia dengan skor telak 4-0. Dengan demikian, Tim Garuda angkat koper dari Qatar.

Meski demikian, usaha dan punggawa Timnas Indonesia patut diapresiasi. Melaju sampai babak 16 besar sudah menjadi prestasi untuk Timnas Indoonesia. Banyak pelajaran dan pengalaman yang didapat.

Pujian datang dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. Ia memuji langkah transformasi sepak bola yang dilakukan PSSI, meski Timnas Indonesia terhenti di babak 16 besar Piala Asia 2023.

Menurutnya, upaya tersebut sudah berjalan sebagaimana mestinya, sehingga berhasil mengantar skuad Garuda mencetak sejarah lolos untuk pertama kali ke babak gugur kompetisi sepak bola bergengsi level Asia.

"Hari ini kita sudah menyaksikan bersama, hampir 10.000 pendukung sepak bola hadir di halaman Kemenpora (untuk nobar laga Australia vs Indonesia). Walaupun hasilnya kalah 0-4, tetapi saya melihat secara utuh pertandingannya tadi, bagaimana kita masih bisa bertahan dan ada perlawanan," kata Dito Ariotedjo.

"Apalagi Australia ini tim peringkat 25, jauh sekali (dengan Indonesia). Kita ada di urutan 144. Ini saya apresiasi kepada seluruh tim pelatih dan atlet, juga PSSI karena saya rasa transfomasi sepak bola sudah mulai terlihat secara perlahan menuju ke arah yang lebih baik," lanjutnya.

Diketahui, Timnas Indonesia total sudah 5 kali ambil bagian dalam gelaran AFC Asian Cup sejak 1996 silam. Akan tetapi, baru di edisi ini pasukan Garuda berhasil melampaui fase grup.

Timnas Indonesia tembus lewat jalur peringkat tiga terbaik bersama Yordania, Palestina, dan Suriah. Pencapaian itu diperoleh usai Timnas Indonesia mengumpulkan 3 poin dari 3 pertandingan berkat kemenangan atas Vietnam di laga kedua.

Sayangnya, skuad Garuda gagal melangkah lebih jauh dari fase 16 besar Piala Asia 2023. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan diadang oleh Australia dengan 4 gol tanpa balas dalam laga yang dihelat di Stadion Jassim Bin Hamad pada Minggu (28/1/2024) malam WIB.

"Kami pemerintah akan terus mendukung transformasi sepak bola, juga olahraga Indonesia. Saya rasa kita sudah berada pada jalur yang benar," katanya.

"Selama kita konsisten, dukungan selalu ada, PSSI juga tekun dalam melakukan transformasi, tidak mustahil kita akan mencapai tingkat dunia yang lebih baik," pungkas Dito.

BERITA TERKAIT