Olahraga

Selasa, 5 Januari 2021 16:35 WIB

Belum Ada Kepastian, Menpora Tanggapi Nasib Liga 1

Editor: Ferro Maulana

Menpora Zainudin Amali. (Foto: DOk Net)

PMJ NEWS -  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberikan penjelasan soal nasib Liga 1 Indonesia 2020 yang masih belum ada kepastian. Dirinya dengan tegas memberikan dukungan agar kompetisi itu berlanjut sesuai dengan protokol kesehatan (prokes).

Zainudin mengatakan keputusan akhir bukan ada di tangannya. Lanjut Zainudin, wewenang penuh ada di Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan kepolisian.

“Itu (kapan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Indonesia bergulir lagi) ranahnya PSSI dan pihak pengelola, yaitu LIB. Namun, pemerintah tetap memberikan dukungan atas penyelenggaraan itu dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Zainudin dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa (5/1/2021).

“Tetapi, Kemenpora memang tidak dalam wilayah memberikan izin keramaian. Masalahnya sekarang pandeminya masih cukup tinggi dan tentu ada pertimbangan-pertimbangan dari pihak kepolisian untuk memberikan izin keramaian bagi suatu kegiatan,”  tuturnya menambahkan.

Liga 1 2020 tertunda akibat pandemi Covid-19. Tetapi, PSSI sempat punya misi menggulirkan kembali kompetisi pada Oktober 2020. Namun rencana tersebut terbentur izin kepolisian.

“Saya kira bukan untuk sepakbola saja, tetapi kegiatan apa saja. Kalau sudah masuk ke wilayah itu, keputusan terakhir ada di pihak Polri yang punya kewenangan untuk memberi izin keramaian itu karena ada banyak pertimbangan,” sambungnya.

Adapun pihak LIB yang merupakan operator kompetisi dan PSSI sudah berencana menerapkan protokol kesehatan termasuk dengan menggelar laga tanpa adanya penonton. Namun sayang, polisi masih belum bisa memberikan izin.

BERITA TERKAIT