test

Suara Pemilu

Sabtu, 20 Januari 2024 21:02 WIB

Bawaslu RI Telusuri Surat Suara Tercoblos di Taiwan

Editor: Hadi Ismanto

kantor Badan Pengawas Pemilu. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Bawaslu RI tengah menelusuri surat suara di Taiwan yang telah tercoblos pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

"Berdasarkan keterangan dari Panwaslu Taipei, memang ada 3 pemilih (metode pos) yang memberi informasi kepada Panwaslu Taipei bahwa mereka menerima surat suara tersebut dalam keadaan telah tercoblos," jelas Anggota Bawaslu RI Puadi saat dikonfirmasi, Sabtu (20/1/2024).

"Saat ini Panwaslu Taipei sedang melakukan penelusuran atas kebenaran informasi tersebut," sambungnya.

Lebih lanjut Puadi mengatakan, Panwaslu Taipei sedang melakukan pengecekan CCTV di sejumlah lokasi. Selain itu, Panwaslu juga memintai keterangan para pemilih.

"Tindakan yang dilakukan dengan cara mengonfirmasi kepada pemilih, akan melakukan pengecekan CCTV di pabrik tempat kerja pemilih dan CCTV milik PPLN di lokasi kerja KPPSLN Pos," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjut Puadi, pihaknya juga menerima dua laporan yang sama. Selanjutnya, Bawaslu RI akan melakukan kajian untuk menentukan syarat laporan.

"Bawaslu pusat juga menerima dua laporan atas peristiwa yang sama. Laporoan ini akan dilakukan kajian awal dalam waktu 2 hari kerja ke depan untuk menentukan keterpenuhan syarat laporan," tukasnya.

BERITA TERKAIT