test

News

Selasa, 2 Januari 2024 15:38 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada Korban WNI Saat Gempa Bumi di Jepang

Editor: Hadi Ismanto

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha. (Foto: PMJ News/Dok Kemenlu)

PMJ NEWS - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengkonfirmasi KBRI Tokyo dan KJRI Osaka sudah bisa menjalin komunikasi dengan simpul-simpul WNI di wilayah terdampak gempa bumi Jepang berkekuatan 7,4 magnitudo pada Senin 1 Januari 2024.

Berdasarkan informasi dari komunitas WNI di Jepang, hingga saat ini belum terdapat informasi mengenai adanya WNI yang menjadi korban luka atau meninggal akibat gempa bumi tersebut.

"Dampak yang terjadi bervariasi tergantung pada lokasi," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Judha Nugraha melalui rilis yang diterbitkan Kemlu, Selasa (2/1/2023).

"Terdapat WNI yang mengungsi ke lokasi yang disiapkan otoritas setempat ada juga yang mengungsi ke tempat tinggal sanak keluarga di wilayah yang aman," sambungnya.

Menurut Judha, terdapat sekitar 50 WNI yang sedang liburan dan sempat terkatung-katung (standed) di St. Gala Yuzawa, Niigata karena kereta cepat Shinkansen sempat berhenti beroperasi.

"KBRI Tokyo akan terus berkoordinasi dengan otoritas setempat serta jaringan masyarakat Indonesia di Jepang untuk memonitor perkembangan situasi pasca gempa," jelasnya.

BERITA TERKAIT