test

Kesehatan

Selasa, 2 Januari 2024 09:05 WIB

5 Makanan Ini Dipercaya Mampu Tingkatkan Kesehatan di Tahun 2024

Editor: Hadi Ismanto

Makan kacang-kacangan dipercaya bisa meningkatkan kesehatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Memasuki tahun baru 2024, seseorang tentu memiliki resolusi ingin menjadi pribadi baru yang lebih baik dalam segi kesehatan. Demi mewujudkannya mereka tentu harus berupaya mengubah gaya hidupnya, terutama soal makanan.

Makanan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda pada 2024. Beberapa makanan bahkan mampu menurunkan kolesterol, mengelola berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, atau hanya merasa lebih berenergi setiap hari.

Seperti dikutip dari laman Eat This, Selasa (2/1/2024), berikut lima makanan yang dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda di tahun 2024. Simak penjelasannya:

1. Kacang-kacangan
"Menambahkan satu atau dua porsi kacang setiap hari dapat membuat dampak signifikan pada diet dengan menambahkan nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan folat," kata Sarah Pflugradt, MS, RDN, CSCS.

Anda akan mendapatkan banyak protein dan serat dari kacang-kacangan. Hanya dengan satu setengah cangkir kacang hitam memiliki 7,5 gram protein dan 7,5 gram serat. Selain itu, mengonsumsi kacang telah terbukti meningkatkan kontrol glukosa dan menurunkan kolesterol.

2. Rumput Laut
"Rumput laut mengemas banyak kekuatan kesehatan ke dalam makanan rendah kalori," kata Amy Bene, MS RD CDCES, pemilik Nutrition Insights PLLC.

Rumput laut terkenal sebagai sumber makananyang baik dari berbagai vitamin, mineral, protein, serat, dan antioksidan sementara rendah lemak dan kalori.

"Serapan rumput laut sering disajikan dengan sushi, dalam sup miso, disiapkan kering sebagai camilan atau ditambahkan ke banyak resep berbeda termasuk tumis atau bungkus," ujar Bene.

3. Buah Berry
Segenggam buah berry dapat memeberikan banyak manfaat untuk menyehatkan tubuh. Salah satu alasan yang mungkin mengapa buah beri memiliki dampak yang signifikan pada suasana hati adalah kandungan flavonoidnya yang tinggi.

"Tidak hanya buah beri yang dikemas dengan vitamin C yang meningkatkan kekebalan dan serat yang tinggi, mereka juga sarat dengan antioksidan," jelas Danielle VenHuizen, RD, ahli diet terdaftar yang berbasis di Seattle dan pemilik Food Sense Nutrition.

Studi kecil telah menemukan bahwa hanya secangkir buah beri memiliki efek positif pada fungsi eksekutif (istilah yang menggambarkan memori kerja, perencanaan, pemecahan masalah, dan mengarahkan perhatian, pikiran, dan perilaku) pada anak-anak dan dewasa muda.

4. Ikan Tuna
"Untuk meningkatkan daya ingat Anda, menjaga penglihatan Anda tetap tajam, dan mengurangi risiko penyakit jantung, cobalah mengonsumsi ikan berlemak (seperti salmon atau tuna) dua kali per minggu," kata Chelsea LeBlanc, RDN, LD, ahli diet yang berbasis di Nashville dan pemilik Chelsea LeBlanc Nutrition.

American Heart Association merekomendasikan setidaknya mengonsumsi 3,5 ons setiap porsinya untuk merasakan manfaat dari ikan tuna.

5. Yogurt
Makan lebih banyak yogurt, terutama varietas rendah gula dan protein tinggi yang mencakup kultur aktif hidup, dapat memiliki dampak signifikan pada kesehatan Anda.

Sebuah hasil penelitian 2020 menemukan bahwa diet tinggi susu fermentasi, seperti yogurt akan mengurangi risiko kanker payudara, usus besar, dan diabetes tipe 2.

Tidak hanya itu saja, yogurth dipercaya menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tubuh, peningkatan kesehatan jantung dan tulang, serta pencernaan yang lebih lancar.

BERITA TERKAIT