test

News

Selasa, 28 November 2023 11:43 WIB

Ketua KPK Nawawi Minta Tak Ada Pengumuman Tersangka Sebelum Konferensi Pers

Editor: Hadi Ismanto

Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Dok KPK)

PMJ NEWS - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango meminta jajarannya tidak mengumumkan sosok tersangka korupsi sebelum dilakukan konferensi pers (Konpers).

"Dalam rapat yang kami gelar telah meminta untuk membiasakan diri kalau kita punya komitmen bahwa penetapan tersangka akan kita bacakan dalam pengumuman, kita konsisten dengan itu," ungkap Nawawi kepada wartawan, Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut Nawawi menjelaskan, pengumuman tersangka akan dilakukan dalam konferensi pers resmi yang digelar KPK. Hal itu untuk mencegah terjadinya polemik.

"Jangan sebelum tindakan penahanan atau tindakan apa sudah keburu ngomong, keceplosan, oh ini sudah tersangka. Ini menimbulkan persoalan," tuturnya.

Menurut Nawawi, kebijakan tersebut sejatinya juga telah menjadi acuan KPK sebelum dirinya menjabat sebagai Ketua. Karenanya, dia meminta standar itu diterapkan secara konsisten.

"Saya sudah minta biro humas untuk tegas. Pimpinan juga diomongin dilarang itu, ngomong itu. Ini sudah jadi POB (prosedur operasional baku) kita. POB kan harus dipegang dilaksanakan. Jadi harus betul-betul dijalankan," tukasnya.

BERITA TERKAIT