test

Kesehatan

Senin, 6 November 2023 09:05 WIB

Wajib Tau, Lima Jenis Makanan Ini Bahaya Dikonsumsi Malam Hari

Editor: Hadi Ismanto

Mengontol makan saat perayaan Lebaran bisa mencegah kolesterol dan gula darah naik. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Mengonsumsi makanan bergizi merupakan gaya hidup sehat. Namun, sebaiknya Anda menyesuaikan jenis makanan yang dikonsumso dengan waktu makan, khususnya malam menjelang tidur.

Meskipun beberapa makanan mengandung banyak nutrisi, makanan tersebut mungkin bukan pilihan terbaik untuk dikonsumsi di malam hari. Memilah makan malam hari sangat penting untuk kesehatan.

Ada beberapa makanan sehat yang mungkin enak dimakan di siang hari, namun berbahaya di malam hari. Seperti dikutip dari laman Times of India, Senin (6/11/2023), berikut sederet makanan yang berbahaya dikonsumsi di malam hari.

1. Buah-buahan
Buah bermanfaat bagi semua orang. Namun, lebih sehat memakannya di siang hari. Mengonsumsi buah ini setelah matahari terbenam dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan dahak karena sifatnya yang mendinginkan.

Buah juga mengandung karbohidrat dan gula, yang dapat meningkatkan gula darah dan mengganggu tidur. Selain itu, memakannya di malam hari juga menyebabkan gas dan sembelit.

2. Dadih
Dadih adalah makanan bergizi yang memiliki banyak kualitas. Dengan memakannya di siang hari, bakteri baik yang ada di dalamnya akan menjaga pencernaan.

Dadih memperkuat tulang dan juga meningkatkan kekebalan. Namun, mengonsumsi dadih berkualitas di malam hari bisa berbahaya bagi Anda. Karena sifatnya yang dingin, akan ada masalah pembentukan lendir dan pembentukan gas di perut.

3. Ayam
Ayam mengandung protein dalam jumlah tinggi, sehingga membutuhkan waktu dan energi lebih untuk mencernanya. Jadi, makan di malam hari membutuhkan waktu untuk dicerna dan ini mengganggu tidur. Kalaupun harus makan, makanlah dalam jumlah sedikit dan seimbang.

4. Makanan Berlemak
Dengan mengonsumsi makanan berlemak di malam hari, sistem pencernaan terus bekerja hingga larut malam untuk memecah dan mencernanya sehingga mengganggu tidur.

Karena itu, para ahli menyarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan berlemak di malam hari.

5. Buah Kering
Buah-buahan kering mengandung karbohidrat, gula, vitamin, mineral dan segala nutrisi dalam jumlah tinggi. Hal tersebut bermanfaat jika dimakan pada pagi hari. Namun jika dimakan pada sore atau malam hari, enzim lambung tidak mampu memecahnya.

BERITA TERKAIT