test

News

Selasa, 31 Oktober 2023 11:26 WIB

Dewas KPK Ungkap, Firli Bahuri Cerita ke Pimpinan Lain Bertemu dengan SYL

Editor: Fitriawan Ginting

Pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dengan Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Foto: PMJ/Istimewa).

PMJ NEWS - Harjono salah satu Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) mengungkapkan, bahwa Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri telah memberitahu seluruh pimpinan KPK lainnya terkait pertemuannya dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Hal itu diberitahu setelah pemberitaan ramai.

"Sudah cerita, setelah ramai-ramai itu, cerita," kata Harjono dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

Firli Bahuri tidak menjelaskan secara detail soal pertemuannya dengan Syahrul Yasin Limpo. Sehingga para pimpinan KPK lainnya tak mengetahui pembahasan keduanya dalam pertemuan tersebut.

"Enggak tahu, karena (Firli) hanya (cerita) saya ketemu ini (SYL), itu saja. Apa yang dibicarakan kita (Dewas KPK) enggak tahu, beliau (pimpinan lain) juga enggak tahu," kata Harjono.

Dewas KPK tengah mengusut dugaan pelanggaran etik dalam pertemuan Firli Bahuri dengan Syahrul Yasin Limpo. Dewas KPK sudah memeriksa beberapa pihak termasuk pimpinan KPK seperti Nurul Ghufron pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Pada Senin, 30 Oktober 2023 Dewas KPK memeriksa Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dan Johanis Tanak. Usai diperiksa Dewas KPK, Alex membeberkan kronologi awal penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) yang berujung penetapan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka.

BERITA TERKAIT