test

Kesehatan

Sabtu, 28 Oktober 2023 16:04 WIB

Waspada, Ini Lima Bahaya Kekurangan Vitamin B12

Editor: Hadi Ismanto

Kekurangan vitamin B12 bisa pengaruhi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Mencukupi kebutuhan vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan. Ketika seseorang kekurangan vitamin B12, maka ada fungsi-fungsi tubuh yang tidak bekerja optimal.

Vitamin B12 memainkan peran sentral dalam pembentukan sel darah merah, membantu transportasi oksigen dan mencegah anemia. Selain itu, baik untuk kesehatan saraf karena mendukung produksi mielin, memastikan transmisi sinyal saraf yang efisien.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Sabtu (28/10/2023), berikut efek apabila jika tubuh kita kekurangan vitamin B12.

1. Lidah Bengkak
Vitamin B12 diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa mulut dan meningkatkan pertumbuhan sel normal. Jika tidak ada, selaput lendir di mulut menjadi meradang dan lidah membesar sehingga menyebabkan kesulitan dalam berbicara dan makan.

Untuk itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan lidah bengkak, merah, dan nyeri, suatu kondisi yang disebut glositis.

2. Anemia
Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, memastikan transportasi oksigen yang efisien. Selain itu, vitamin B12 sangat penting untuk mencegah jenis anemia tertentu yang dikenal sebagai anemia megaloblastik atau anemia pernisiosa.

Ketika kadar B12 tidak mencukupi, sel menjadi lebih besar dan kurang berfungsi, menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan anemia megaloblastik. Keadaan ini ditandai dengan kelelahan, kelemahan, dan kulit pucat.

3. Kesemutan
Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki yang dikenal dengan neuropati perifer. Hal ini lantaran vitamin B12 memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf dan selubung mielin yang menyekatnya.

Ketika kadar vitamin B12 rendah, saraf ini bisa rusak sehingga menyebabkan sensasi tidak normal seperti kesemutan, mati rasa, dan kelemahan pada kaki. Kondisi ini juga dapat memengaruhi keseimbangan dan membuat jalan tidak nyaman.

4. Gampang Lupa
Vitamin B12 memainkan peran penting dalam kesehatan kognitif. Hal ini sangat diperlukan untuk produksi mielin, selubung pelindung di sekitar sel saraf yang meningkatkan transmisi sinyal secara efisien.

Kekurangan B12 bisa menyebabkan demielinasi, mempengaruhi fungsi kognitif seperti memori, konsentrasi, dan pemrosesan informasi. Kadar B12 yang rendah juga dikaitkan dengan gangguan mood, seperti depresi dan kecemasan.

5. Sulit untuk Berjalan
Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan neuropati perifer, suatu kondisi di mana saraf tepi, yang penting untuk kontrol otot dan sensasi pada anggota badan menjadi rusak.

Tingkat B12 yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf tepi, memastikan gaya berjalan yang stabil dan terkoordinasi, serta mencegah masalah mobilitas terkait kesulitan berjalan.

BERITA TERKAIT