test

News

Jumat, 20 Oktober 2023 11:23 WIB

Enam Kali Beraksi di Jaksel, Pencuri Kotak Amal Masjid Diringkus Polisi

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi pencurian kotak amal masjid. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Polisi mengamankan seorang pria berinisial ARW (22), pelaku pencurian kotak amal di sejumlah masjid kawasan Jakarta Selatan. Sebelum ditangkap, dia telah melancarkan aksinya sebanyak enam kali.

Kapolsek Mampang Prapatan, Kompol David Kanitero mengatakan setiap melaksanakan aksinya tersangka ARW ini berhasil mendapatkan Rp5 juta, sehingga total mendapat Rp30 juta.

"Hasil pengembangan dan keterangannya, tersangka sudah melaksanakan aksi pencuriannya selama tiga bulan terakhir di enam lokasi yakni di Mampang, Pancoran, dan Jagakarsa," ungkap David Kanitero yang dikutip pada Jumat (20/10/2023).

David menjelaskan, pelaku sejatinya baru tiga bulan keluar dari rutan Salemba, Jakarta Timur. Namun, pelaku justru kembali melakukan aksi pencurian serupa. Pasalnya, dia beranggapan pencurian di area masjid kerap tak dilaporkan ke polisi.

Sebelum menjalankan pencurian, lanjut David, biasanya pelaku melakukan observasi dahulu ke masjid yang menjadi sasarannya. ARW mengincar tempat ibadah yang ada di pinggir jalan dengan pengamanan yang minim.

"Pelaku melintasi masjid dahulu sebelum beraksi, berpura-pura menjadi jamaah, sasarannya masjid yang buka 24 jam, kotak amalnya ada di luar, lokasinya di pinggir jalan sehingga aksesnya mudah, dan minim pengamanan," ucap dia.

Saat dirasa aman, pelaku lantas membongkar kotak amal masjid menggunakan linggis hingga gunting taman yang berukuran cukup besar. Lantas, pelaku memasukan uang amal jamaah di kotak amal itu ke dalam tas dan membawanya kabur.

"Pelaku pengangguran, hasil kejahatannya dia pakai untuk membeli handphone dan motor, yang mana telah kami sita, serta untuk kebutuhan hidup," tukasnya.

BERITA TERKAIT