Hukrim

Sabtu, 7 November 2020 10:41 WIB

Beraksi di Dekat Komplek Kostrad, Lima Pembobol ATM Diamankan

Editor: Hadi Ismanto

Lima pelaku pembobolan mesin ATM ditangkap. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ - Polisi mengamankan lima komplotan spesialis pembobol mesin ATM. Para pelaku ditangkap saat menjalankan aksinya di dekat Komplek Kostrad Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kapolsek Kebayoran Lama, Kompol Indra Ranudikarta mengatakan kelima tersangka berinisial W (30), DC (33), MA (24), HS (40) dan KA (35). Mereka mempelajari bobol ATM dari YouTube.

"Pelaku ada lima orang. Mereka membobol ATM dengan cara mengambil uang menggunakan ATM, tetapi saldonya tidak berkurang. Mereka belajar dari youtube," ungkap Kompol Indra di Mapolsek Kebayoran Lama, Jumat (6/11/2020).

Lebih lanjut Indra menjelaskan, empat dari lima pelaku merupakan petani tinggal di Lampung. Sebelum beraksi di Jakarta, mereka melakukan pembobolan di Lampung. Di Ibukota, mereka mengajak satu orang kenalannya.

"Sebelum beraksi di Jakarta, pelaku pernah beraksi sebanyak tiga kali di Lampung,"ujarnya.

Selain menangkap para pelaku, Polsek Kebayoran Lama bersama anggota TNI AD juga mengamankan barang bukti berupa 1 mobil, 42 kartu ATM, 2 pinset, 2 obeng, 1 besi bentuk "L", uang tunai Rp 9,8 juta, dan 5 handphone.

Atas perbuatannya, kelima pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP ayat 4e. Adapun ancaman hukumannya berupa kurungan penjara paling lama 9 tahun.(Hdi)

BERITA TERKAIT