test

Kesehatan

Selasa, 3 Oktober 2023 10:04 WIB

Hindari, Lima Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Tingkatkan Resiko Kanker

Editor: Hadi Ismanto

Kebiasaan sehari-hari bahkan bisa meningkatkan resiko kanker tanpa disadari. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat pertumbuhan sel abnormal tak terkendali dan bisa menyebar ke area sekitarnya. Gejala kanker awalnya mungkin tidak terlalu signifikan, sehingga penyakit tersebut seringkali baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut.

Sejumlah kebiasaan sehari-hari bahkan bisa menyebabkan kanker tanpa disadari. National Cancer Institute menyebut bahwa hampir 40 persen orang akan didiagnosa mengidap kanker pada suatu saat dalam hidup.

Seperti dilansir dari laman Best Life, Selasa (3/9/2023), berikut kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan resiko kanker. Simak penjelasannya.

1. Tidak Mengelola Stres
Meskipun stres tidak secara langsung menyebabkan kanker, respons tubuh terhadap stres tersebut seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung yang cepat, dan peningkatan kadar gula darah. Di mana dapat menyebabkan kanker jika tidak ditangani.

Dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti juga menemukan hubungan antara stres psikologis dan kanker. Namun, hal ini terjadi karena orang yang mengalami stres kronis lebih cenderung merokok, makan berlebihan, tidak banyak bergerak, dan minum alkohol.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Mulut
Menyikat gigi secara teratur sangat penting untuk tetap sehat. Sebuah studi pada 2018 yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa penyakit gusi dikaitkan dengan peningkatan 24 persen kanker paru-paru dan kolorektal.

3. Tidur dengan TV Menyala
Meskipun suara acara larut malam favorit Anda adalah satu-satunya cara agar bisa tertidur, Anda mungkin ingin menghentikan kebiasaan buruk ini.

Analisis 2010 dalam jurnal Environmental Health Perspectives menemukan bahwa cahaya buatan yang terpancar dari layar TV ada kaitannya dengan kanker payudara dan prostat.

Cahaya di malam hari kemungkinan menjadi salah satu dari sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kanker payudara selama beberapa dekade terakhir.

4. Makan Nasi Terlalu Banyak
Analisis penelitian pada 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menemukan bahwa ancaman yang sangat besar terhadap kesehatan secara keseluruhan mengintai arsenik.

Meskipun kadar arsenik dalam beras berbeda-beda di seluruh dunia, produk apa pun yang mengandung beras, termasuk sereal berpotensi meningkatkan risiko kanker.

5. Tidur dengan Ponsel di Samping Kepala
Jika Anda suka tertidur sambil mendengarkan podcast atau playlist musik favorit, pastikan untuk menjauhkan ponsel dari kepala saat tidur.

Pada 2017, Departemen Kesehatan Masyarakat California mengeluarkan pedoman untuk meminimalkan paparan masyarakat terhadap energi frekuensi radio yang dilepaskan ponsel, yang telah dikaitkan dengan kanker otak.

Salah satu saran mereka adalah menjauhkan ponsel dari tempat tidur di malam hari. Cara ini juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur malam yang lebih baik.

BERITA TERKAIT