test

Kesehatan

Kamis, 5 September 2024 12:32 WIB

Mudah Diperagakan, Pose Kaki Naik ke Tembok Ternyata Bisa Redakan Stres

Editor: Hadi Ismanto

Viparita karani atau dikenal juga sebagai pose kaki naik ke tembok ternyata baik untuk meregangkan leher dan kepala serta meredakan stres. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Sebagian orang mungkin membayangkan yoga dengan pose-pose sulit. Namun, ada gerakan yoga yang lebih sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah seperti viparita karani atau dikenal juga sebagai pose kaki naik ke tembok.

Sebagaimana dilansir dari laman Cleveland Clinic, Kamis (5/9/2024), viparita karani adalah salah satu gerakan inversi dalam yoga. Istilah 'inversi' di sini berarti posisi tubuh bagian atas terbalik dari posisi normalnya yang tegak.

"Ini berarti tubuh bagian atas terbalik dari posisi normalnya yang tegak," ujar ketua Wellness and Preventive Medicine, Robert Saper.

Dalam bahasa Sansekerta, viparita berarti terbalik dan karani berarti beraksi. Dengan mengangkat kaki ke dinding, tubuh berada dalam posisi inversi aktif, yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Keuntungan utama dari pose kaki naik ke tembok, dibandingkan dengan headstand atau shoulder stand, adalah kemampuannya untuk meregangkan leher dan kepala serta meredakan stres.

Pose ini juga meningkatkan aliran oksigen ke bagian atas tubuh, yang berimplikasi pada peningkatan sirkulasi darah dan penyeimbangan tekanan darah.

Selain itu, pose ini cocok dilakukan sebagai bagian dari meditasi pagi atau sebagai ritual sebelum tidur untuk mengurangi ketegangan setelah seharian beraktivitas.

BERITA TERKAIT