test

News

Jumat, 29 September 2023 11:21 WIB

Masyarakat Waspada Modus Penipuan Website Phising Bank Danamon

Editor: Ferro Maulana

Bank Danamon. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Nasabah Bank Danamon harus berhati-hati dan terus mewaspadai aksi penipuan.

Terbaru, Bank Danamon menemukan modus berupa website palsu (phising) yang mengatasnamakan Danamon dan seolah-olah menampilkan website D-Bank PRO pada layar. 

Chief Digital Officer Bank Danamon Andreas Kurniawan mengungkapkan pada website palsu itu, tombol yang bisa diklik nasabah yaitu tombol login, yang jika nasabah melakukan login, hal yang terjadi yaitu penipu mampu mengakses seluruh data nasabah.

“Sebagai customer-centric organization, keamanan data nasabah adalah prioritas kami. Karena itu, Danamon mengimbau seluruh nasabah untuk senantiasa berhati-hati saat membuka sebuah website. Apalagi website palsu yang mengatasnamakan Danamon dan selalu untuk teliti membaca alamat website yang sedang dibuka,” ujarnya melansir siaran pers resminya, Jumat (29/9/2023).

Lebih jauh, pihak Bank Danamon mengimbau agar nasabah dapat mengakses dan memeriksa alamat website resmi D-Bank PRO yakni www.dbank.co.id , maupun untuk versi aplikasi.

Selain itu, mobile banking D-Bank PRO juga hanya dapat diunduh dari App Store atau Google Play Store.

Untuk diketahui, Bank Danamon juga sempat meminta nasabah untuk mewaspadai aksi penipuan dengan modus penagihan tunggakan kartu kredit.

Adapun, penipuan tersebut umumnya pelaku menghubungi calon korban melalui telepon dan mengatasnamakan bank tertentu, termasuk Bank Danamon sembari membuat panik dengan menyampaikan infomasi jika calon korban memiliki tunggakan kartu kredit.

Padahal tidak memiliki kartu kredit  Nantinya, kelengahan korban ini bakal dimanfaatkan untuk pelaku bisa mendapatkan akses data atau informasi penting. 

"Dalam keadaan panik, penipu kemudian bisa jadi menawarkan bantuan untuk menyelesaikan masalah tunggakan tersebut asalkan calon korban memberi tahu data pribadinya," demikian tulis Bank Danamon melalui keterangan resmi, Jumat (8/9/2023).

Bank Danamon pun mengimbau masyarakat terutama nasabah untuk waspada dan tidak mudah percaya jika menerima telepon atau pesan dari pihak-pihak yang mengaku dari Danamon.

BERITA TERKAIT