test

Fokus

Sabtu, 9 September 2023 17:24 WIB

TNI dan Polri Sukses Amankan KTT ASEAN Ke-43

Editor: Ferro Maulana

KTT ASEAN Ke-43. (Foto: Ilustrasi/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran pejabat utama TNI-Polri melakukan peninjauan pusat pengendalian pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Panglima TNI menyebut, secara keseluruhan pengamanan pada acara pokok KTT ASEAN ke-43 berjalan dengan aman. Keberhasilan pengamanan itu dikarenakan koordinasi antara TNI, Polri, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Intelijen Negara (BIN), dan instansi terkait lainnya dilakukan dengan baik.

“Alhamdulillah sampai siang ini mulai awal sampai siang ini kita dapat mengendalikan semua kegiatan keamanan untuk PAM di KTT ke-43 ASEAN ini dengan lancar,” ungkap Panglima TNI.

Presiden Jokowi resmi membuka KTT ASEAN Ke-43. (Foto; PMJ/Dok Setpres).
Presiden Jokowi resmi membuka KTT ASEAN Ke-43. (Foto; PMJ/Dok Setpres).

Panglima mengungkapkan pengamanan masih akan dilakukan hingga 9 September 2023. Sebab, hari ini hingga besok masih akan ada kepulangan para delegasi dan acara tambahan lainnya.

Dijelaskan Panglima TNI, tidak ada kendala dan ancaman dalam pengamanan KTT ke-43 ASEAN. Ia pun menyatakan, kesukasan pengaman ini karena koordinasi dan dukungan masyarakat.

“Banyak juga mungkin masyarakat yang terganggu lalu lintas dan sebagainya hanya pada siang hari ini saya mohon maaf karena memang ini kepentingan negara yang kita pertaruhkan, keamanan para pemimpin negara, sehingga perlu pengamanan yang hight level,” jelas Panglima.

Ditambahkan Kapolri, pengamanan KTT ASEAN ke-43 ini memang memiliki perbedaan tantangan dibanding pada saat di Bali maupun Labuan Bajo. Jakarta, memiliki ancaman kemacetan yang setiap harinya terjadi.

Salah satu yang dilkukan untuk mengatasi kemacetan adalah rekayasa lalu lintas, di mana terjadi penutupan sejumlah ruas jalan pada waktu tertentu, salah satunya saat malam gala dinner. Jenderal Sigit pun menyampaikan permintaan maaf karena menimbulkan kemacetan di jalur alternatif.

Selain itu, pengamanan itu berjalan dengan lancar. Sebab, dukungan masyarakat sangat dirasakan, koordinasi lintas instansi sangat solid, dan sejumlah teknologi dikerahkan dengan pemantauan yang terhubung.

Suasana gala dinner KTT ASEAN di Jakarta. (Foto: IG Jokowi)
Suasana gala dinner KTT ASEAN di Jakarta. (Foto: IG Jokowi)

“Hari ini masuh ada sisa kegiatan dan kepulangan 18 delegasi, besok 11 delegasi, dan ada beberapa tambahan keamanan akan tetap kita kawal, sehingga pengamanan berjalan baik hingga ditutup Bapak Presiden dan seluruh delegasi bisa kembali ke negara masing-masing,” ungkap Jenderal Sigit.

Panglima TNI: Terima Kasih Satuan Pengamanan

Indonesia menggelar Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) tahun 2023 di Jakarta Convention Center, 5-7 September 2023. Berbagai strategi pengamanan TNI telah digelar Satuan Pengamanan yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan (Kogabpadpam) VVIP guna menjami acara berjalan dengan aman dan lancar.

Pada hari ke tiga pelaksanaan KTT ke-43 Asean, kegiatan pengamanan dapat berjalan dengan lancar sehingga seluruh agenda konferensi yang direncanakan dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

Panglima TNI selaku penanggung jawab keamanan pelaksanaan KTT Asean tersebut menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh satuan/instansi yang terlibat dalam operasi pengamanan KTT ke-43 Asean karena telah mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh tamu negara peserta KTT. Tidak lupa ucapan terima kasih juga disampaikan Panglima TNI kepada masyarakat yang sudah mau mengorbankan kenyamanan beraktifitasnya demi kelancaran pelaksanaan event internasional ini.

“Di hari ketiga KTT ASEAN ini Alhamdulillah semua kegiatan pengamanan dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses, Ini semua berkat kerja sama dan sinergitas antar instansi baik TNI, Polri, BIN, BSSN, Pemda DKI dan instansi lainnya. Saya selaku penanggung jawab kegiatan pengamanan ini menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras yang telah ditunjukkan oleh semua unsur yang terlibat. Dan kepada masyarakat, terima kasih dan mohon maaf sudah rela untuk diganggu kenyamanan beraktifitasnya demi nama baik negara kita di mata dunia” jelas Panglima TNI, Kamis (7/9/2023).

Pam VVIP sampai saat ini masih menjalankan tugasnya sampai dengan mengawal kepulangan delegasi Kepala Negara.

“Saat ini kita TNI memantau mulai dari awal kedatangan sampai para delegasi Kembali,” ujar Panglima TNI.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kunjungi dan melakukan analisa pengamanan KTT ASEAN di Posko Command Center Polri. (Foto: PMJ News)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kunjungi dan melakukan analisa pengamanan KTT ASEAN di Posko Command Center Polri. (Foto: PMJ News)

Panglima TNI menambahkan, pengamanan kali ini merupakan model pengembangan dari  pengamanan KTT Labuanbajo dan G20 Bali yang bisa menjadi role model pada pengamanan event yang akan datang,

“Dengan kolaborasi Integrasi dari semua perangkat dan personel yang melaksanakan pengamanan ini, dapat kita tingkatkan dan praktekan lagi dalam Konferensi AIS Forum di Bali pada Oktober mendatang,” tutupnya.

Seluruh Pengamanan KTT ASEAN Berjalan Aman dan Terkendali

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan seluruh rangkaian pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta, berjalan aman dan terkendali. Hal itu berkat adanya sinergisitas TNI-Polri dan seluruh stakeholder terkait.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri Sigit saat menggelar konferensi pers bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono di Posko Pangkogasgab, Medan Merdeka, Jakarta.

"Alhamdulillah, sampai hari ini seluruh rangkaian pengamanan di kegiatan KTT ke-43 ASEAN berjalan dengan aman dan terkendali," ujar Listyo Sigit Prabowo.

"Sebagaimana disampaikan Panglima, beliau sebagai Ketua dan kami sebagai anggota pengamanan terus berkoordinasi untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan pengamanan bisa berjalan dengan baik," sambungnya.

Panglima TNI dan Kapolri dan jajarannya.  (Foto: PMJ News)
Panglima TNI dan Kapolri dan jajarannya. (Foto: PMJ News)

Kapolri menjelaskan demi memastikan seluruh rangkaian pengamanan KTT ASEAN berjalan aman dan lancar, dirinya bersama Panglima TNI selalu melakukan pemantauan baik di Puskodalsis Mabes TNI maupun Command Center Polri.

"Baru saja kita laksanakan pemantauan langsung dari Puskodalsis Mabes TNI, sebelumnya kita melaksanakan kegiatan memantau langsung command center yang ada di Polri," tuturnya.

Menurut Sigit, personel pengamanan TNI-Polri yang tergabung dalam pasukan Operasi Tri Brata Jaya 2023 selalu bersinergi dan bekerjasama di lapangan dalam mengamankan ring 1, 2 dan 3.

"Betul-betul bisa kerja sama dengan baik. Sehingga kemudian itu menjadi satu rangkaian kegiatan pengamanan yang tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama," terangnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menggelar konferensi pers bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

"Alhamdulillah kegiatan tadi malam merupakan salah satu kegiatan yang tentunya menjadi perhatian pada saat Gala Dinner semuanya berjalan aman," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Sigit menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan terkait adanya penerapan rekayasa lalu lintas ketika pelaksanaan KTT ASEAN berlangsung.

"Dan seperti disampaikan Pak Panglima mohon maaf karena kemarin kami harus lakukan rekayasa dan melakukan beberapa penutupan ruas jalan," tutupnya. 

BERITA TERKAIT