Fokus

Selasa, 28 Juli 2020 16:26 WIB

Kapolri Terima Tiga Bintang Kehormatan, Kadiv Humas: Ini Suatu Anugerah

Editor: Ferro Maulana

Panglima TNI menyematkan Tiga Bintang Kehormatan sekaligus kepada Kapolri. (Foto: PMJ News/ MUS).

PMJ - Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono menerangkan bahwa Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sangat bangga atas anugerah dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Penghargaan Bintang Utama ini, menurutnya, merupakan bentuk penghargaan atas kerja sama dan koordinasi TNI-Polri dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai lembaga yang menjaga keamanan serta ketertiban.

"Tentunya di rangkaian Hari Bhayangkara di bulan Juli ini, jadi suatu anugerah yang sangat dibanggakan Bapak Kapolri. Bapak Kapolri bangga di sela-sela hari Bhayangkara mendapatkan anugerah, yaitu tanda kehormatan bintang tertinggi angkatan dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, dan TNI Angkatan Laut," papar Argo, di Jakarta, Selasa (28/07/2020).

"Penganugerahan tiga bintang utama itu dikarenakan Kapolri Jenderal Idham Azis dianggap berjasa luar biasa untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara," katanya lagi melanjutkan.

Keterangan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono. (Foto: PMJ News).

Untuk diketahui, Anugerah Bintang Kartika Eka Paksi Utama adalah penghargaan yang diberikan TNI Angkatan Darat. Makna nama dari penghargaan ini adalah Kartika artinya bintang, Eka artinya satu, dan Paksi artinya burung.

Secara harfiah, penghargaan ini memiliki makna burung gagah perkasa tanpa tanding menjunjung tinggi cita-cita. TNI Angkatan Darat yang kuat senantiasa menjunjung tinggi cita-cita, yaitu keluhuran nusa dan bangsa serta keprajuritan.

Sedangkan, Bintang Jalasena Utama dan Bintang Swa Bhuana Paksa Utama merupakan medali penghargaan yang dianugerahkan hanya kepada individu dengan kemampuan dan pencapaian khusus dan berkat kontribusi, upaya dan dedikasi yang luar biasa, serta pencapaian melampaui panggilan tugas.

Dalam upacara penyematan ini, turut hadir KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, KSAL TNI Laksamana Yudo Margono, dan Wakasad Letjen TNI Moch. Fachruddin. Lalu ada Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, dan Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Upacara penganugerahan tanda kehormatan ini dilakukan di Ruang Hening, Gedung Utama Mabes TNI, Selasa (28/7/2020) sekitar pukul 14.50 WIB.

Darma Bakti kepada Bangsa dan Negara

Masih di tempat yang sama, Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi mengatakan Idham Azis mendapat tanda kehormatan Bintang Kartika Eka Pakci Utama, Bintang Jalasena Utama, dan Bintang SWA Bhuwana Paksa Utama. Sisriadi mengatakan tanda kehormatan diberikan karena Jenderal Idham Azis mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

"Hal itu merupakan penghargaan tertinggi kalau di TNI maupun di Angkatan. Itu diberikan kepada seseorang baik sipil maupun militer yang memberikan jasa kepada negara, dengan jasa yang tertinggi kepada negara," ujar Sisriadi, usai upacara penyematan Tanda Kehormatan Bintang Angkatan Kelas Utama. (FER)

BERITA TERKAIT