test

News

Sabtu, 9 September 2023 10:10 WIB

Pemprov DKI Jakarta: Sejuta Lebih Mobil Telah Jalani Uji Emisi

Editor: Hadi Ismanto

Uji emisi kendaraan. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta menyebut lebih dari 1 juta kendaraan roda empat telah menjalani uji emisi. Adapun jumlah sepeda motor yang telah diuji emisi lebih sedikit sekitar 101 ribu.

"Sampai hari ini tercatat ada lebih dari satu juta kendaraan roda empat yang telah melakukan uji emisi," ujar Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (8/9/2023).

"Sementara untuk kendaraan roda dua ada di angka 101.660," sambungnya.

Ani menjelaskan, setidaknya ada sebanyak 333 bengkel di Jakarta melayani uji emisi untuk mobil serta 107 bengkel untuk motor. Selain itu, Selain itu, uji emisi gratis disediakan di 45 bengkel milik Astra mulai September 2023 hingga Desember 2024.

"Ini kesempatan baik dan diharapkan masyarakat dapat menggunakan kesempatan baik ini upaya bersama kita untuk memperbaiki kualitas udara di Jakarta," tuturnya.

Disisi lain, Kepala Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Fitri, mengungkap faktor masih rendahnya motor di Ibu Kota yang diuji emisi.

Menurut Fitri, salah satunya karena keterbatasan bengkel yang melayani uji emisi untuk kendaraan roda dua.

"Jadi betul, roda dua jumlahnya lebih banyak yang bermobilisasi di Jakarta tapi ketersediaan bengkel uji emisi untuk roda dua masih terbatas," terang Fitri.

BERITA TERKAIT