test

News

Selasa, 5 September 2023 21:01 WIB

Polisi Sterilkan 3 Jalur untuk Delegasi KTT ASEAN Besok, Berikut Skemanya

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Fajar Ramadhan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman beri keterangan. (Foto: PMJ/Fajar).

PMJ NEWS - Polda Metro Jaya akan kembali melakukan rekayasa lalu lintas pada hari kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43, Rabu (6/9/2023). Rencananya, sepanjang jalur yang dilintasi delegasi atau tamu negara akan disterilkan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan rekayasa lalu lintas mulai diberlakukan pada pukul 07.00 WIB hingga 10.00 WIB dengan tiga sektor.

“Kita ada tiga sektor, sektor Senayan, sektor Bundaran HI, dan sektor dari pada Kuningan, itu nanti jalan Rasuna Said,” ujar Latif kepada wartawan, Selasa (5/9/2023).

“Prioritas dari sektor (Bundaran) HI. Begitu juga Jalan Gatot Subroto, dan Jalan Rasuna Said, kita juga akan sterilkan dalam artian tamu negara akan menuju ke JCC,” imbuhnya.

Latif menuturkan, rekayasa lalu lintas yang pertama diberlakukan di Jalan MH Thamrin-Jalan Sudirman akan disterilkan mulai dari Bundaran Patung Kuda hingga Bundaran Senayan.

“Jalur Sudirman betul-betul untuk sementara prioritas untuk tamu negara. Begitu juga yang ada di Bundaran Senayan. Orang yang dari Antasari akan kita belokkan ke kiri untuk masuk lewat Pakubowono. Pakubuwono sampai masuk ke Permata Hijau. Permata Hijau lurus lewat Slipi maupun lewat Tomang silakan untuk sampai pusat kota,” paparnya.

Lebih lanjut, Latif menyampaikan untuk Jalan HR Rasuna Said juga menjadi jalur prioritas untuk sterilisasi baik dari arah Mampang maupun sebaliknya untuk tamu atau delegasi negara.

“Untuk di Kuningan, tidak ada yang boleh masuk ke Rasuna Said, karena ada tamu negara yang akan melewati jalan tersebut. Sehingga yang sudah masuk lewat dari Pancoran ke Kuningan akan kita belokkan ke kiri,” kata Latif.

“Begitu juga arah yang dari Tendean, yang biasanya lewat terowongan akan kita belokan ke kanan maupun ke kiri. Jadi diharapkan untuk tidak sampai dengan Semanggi. Karena semuanya harus muter, yang memang agak jauh sedikit,” lanjutnya.

Jalur selanjutnya yang akan disterilkan untuk tamu atau delegasi negara yaitu sepanjang Jalan Gatot Subroto mulai dari Traffic Light Kuningan hingga Traffic Light Slipi.

Latif menjelaskan, untuk kendaraan roda empat dari arah Cawang yang menuju arah Slipi akan diarahkan untuk masuk Jalan Tol. Sementara untuk kendaraan roda dua akan diarahkan belok ke kiri arah Mampang.

Sedangkan untuk kendaraan yang dari arah Pasar Minggu menuju Jalan Gatot Subroto akan diluruskan menuju Tebet.

“Sehingga arah arus yang dari Timur, Cawang, dari Bekasi, untuk Kendaraan roda empat akan kita masukkan lewat Tebet 1 untuk masuk tol agar tidak masuk ke Kuningan,” ucap Latif.

“Untuk roda dua, yang akan menuju kegiatan di daerah Kota, yang dari Pasar Minggu akan kita luruskan lewat Tebet. Untuk roda empat akan kita masukkan ke tol,” tambahnya.

“Begitu juga yang dari seputaran GBK yang dari Fairmont, Pasific Place, dari Langham. Sehingga Jalur Bandung Bandung (Jalan Sudirman Thamrin), Jalur Sudirman, Jalur Gatot Subroto, Jalur Rasuna Said, ini akan kita prioritaskan untuk tamu negara,” tandasnya.

BERITA TERKAIT