test

News

Kamis, 17 Agustus 2023 13:31 WIB

Keren, Atraksi Pesawat Tempur dan Helikopter Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Editor: Hadi Ismanto

Aksi akrobatik pesawat tempur dan helikopter turut memeriahkan rangkaian upacara HUT Kemerdekaan ke-78 RI. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Aksi akrobatik pesawat tempur dan helikopter turut memeriahkan rangkaian upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

Teatrikal Tentara Langit Nusantara dan Garuda Flight itu dilakukan di area Monas. Formasi pesawat tempur terdiri dari 10 pesawat F-16 dan dipimpin Letkol Penerbang Pandu Eka Prayoga alumni akademi Angkatan Udara 2004.

Sementara formasi Helikopter Nusantara Flight terdiri dari NHS Super Puma dan PC 275 Karakal TNI AU, Helikopter AH Apache TNI AD, Helikopter AS 56 M TNI AU, serta helikopter AW Polri. Nusantara Flight dipimpin oleh Kolonel Penerbang Agung Wahyudi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, masyarakat yang menyaksikan langsung aksi akrobatik pesawa tempun ini tampak antusias. Mereka memberikan applouse tepuk tangan dan teriakan penyemangat.

Demo udara pesawat tempur ditutup dengan penampilan bersama helikopter dan JAT yang mengeluarkan asap berbentuk hati. Selain itu, diakhiri dengan ucapan selamat dari dalam kokpit pesawat tempur F-16 TNI AU.

"Kami Elang-elang angkat udara penjaga Tanah Air dari ketinggian seribu kaki mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Terus Maju untuk Indonesia Maju Salam Swa Bhuwana Paksa," ucap seorang pilot dalam kokpit.

BERITA TERKAIT