test

Kesehatan

Minggu, 6 Agustus 2023 22:00 WIB

Studi Ungkap 10 Faktor Penyebab Kematian Dini, Tekanan Darah Tinggi Teratas

Editor: Hadi Ismanto

Gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berakibat fatal. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Studi terbaru mengemukakan tekanan darah tinggi menjadi penyebab kematian dini tertinggi di dunia. Penyakit ini menyebabkan 10.845.595 kasus kematian.

Sedangkan penyebab utama kematian dini kedua di seluruh dunia, menurut penelitian, adalah merokok dengan 7,7 juta kematian. Kemudian yang ketiga polusi udara dengan 6,7 juta kematian.

"Lebih banyak lagi yang hidup dengan penyakit terkait merokok yang melemahkan," tulis NHS seperti dilansir dari laman Express, Minggu (6/8/2023).

Adapun penyebab kematian keempat dalam studi ini adalah diabetes dengan 6,5 juta kematian. NHS memperingatkan diabetes tipe 2 bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke, dan kerusakan saraf.

Selain itu, masalah kaki seperti luka dan infeksi. Kehilangan penglihatan dan kebutaan, keguguran dan kelahiran mati, masalah dengan ginjal dan masalah seksual. Namun, mengontrol gula darah bisa menurunkan risiko komplikasi.

Sementara penyebab kematian kelima dan seterusnya adalah kegemukan atau obesitas dengan 5 juta kematian, polusi udara luar ruangan 4,5 juta kematian, penggunaan alkohol 2,5 juta kematian, dan polusi udara dalam ruangan 2,3 juta kematian.

Orang yang termasuk dalam kategori obesitas disarankan untuk lebih sering olahraga dan makan lebih sedikit untuk menurunkan berat badan. Penurunan berat badan yang sehat melibatkan penurunan hingga dua pon per minggu dan tidak lebih.

Sementara untuk konsumsi alkohol, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan itu terkait dengan tekanan darah tinggi, stroke, penyakit hati, dan masalah pencernaan.

Faktor terakhir yang berkontribusi terhadap kematian dini di dunia adalah diet tinggi natrium dengan 1,9 juta kematian dan diet rendah biji-bijian tinggi dengan 1,8 juta kematian.

BERITA TERKAIT