test

Kesehatan

Rabu, 19 Februari 2020 10:12 WIB

Perokok Rentan Terjangkit Virus Corona? Ini Penjelasannya

Editor: Ferro Maulana

Perokok lebih rentan menyebabkan gangguan kesehatan. (Foto: Ilustrasi/PMJ News/Fif)

PMJ - Wabah virus corona yang mulai merebak dari Wuhan, China memang membuat banyak orang khawatir. Hingga kini belum ada obat yang mumpuni untuk mengobati penyakit COVID-19 tersebut.

Salah satu cara yang dilakukan untuk mengobati pasien yang tertular adalah dengan menjaga daya tahan tubuh dan mencuci tangan. Nah, salah satu yang membuat daya tahan tubuh orang lebih rentan adalah rokok.

Lantas, apakah merokok membuat seseorang lebih rentan terhadap coronavirus? Direktur Eksekutif Health Emergencies Program dari World Health Organization (WHO), Ryan mengatakan bahwa hal ini menjadi terori yang beredar di kalangan masyarakat.

"Ini adalah hipotesis yang sangat baik. Sudah diketahui bahwa penyakit ini cenderung lebih parah pada perokok, jadi masuk akal bahwa merokok dikaitkan dengan kasus virus corona yang lebih serius," ungkap Ryan seperti dilansir laman NBCNews, Rabu (19/2/2020).

Ryan mengakui ada perbedaan nyata antara pria dan wanita dalam wabah ini dalam hal keparahan. "Di China, tingkat merokok lebih tinggi pada pria, daripada wanita," imbuhnya.

Kendati begitu, ia masih belum memastikan apakah hipotesis itu benar atau tidak, karena masih harus dilihat sebagai wabah yang terus berkembang.

"Saya yakin melalui studi dan pengamatan yang terjadi, akan ada banyak studi untuk melihat merokok sebagai faktor risiko," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT