Kesehatan

Sabtu, 11 Januari 2020 10:00 WIB

Dua Kebiasaan Ini Bisa Hindarkan Penyakit Selama 10 Tahun

Editor: Ferro Maulana

Berolahraga ternyata bisa mencegah penyakit (Foto: Dok Net)

PMJ - Tidak merokok dan berolahraga secara teratur ternyata dapat memberikan dampak sangat besar. Salah satunya bisa terhindar dari berbagai penyakit dalam 10 tahun mendatang.

Seperti melansir laman Malay Mail, Sabtu (11/1/2020), sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat (AS) menganalisis data pada 73.196 wanita dan 38.366 pria yang semuanya bebas dari kanker, penyakit kardiovaskular dan diabetes pada awal penelitian.

Riset yang dipimpin oleh para peneliti di Harvard T.H. Chan School of Public Health ini mengamati lima faktor gaya hidup berisiko rendah yaitu tidak pernah merokok, mempertahankan indeks massa tubuh yang sehat (BMI).

Adapula riset dengan melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik sehari, asupan alkohol sedang dan diet berkualitas untuk menghitung skor gaya hidup sehat untuk setiap peserta.

Skor berkisar dari nol hingga lima, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan gaya hidup yang lebih sehat. Peserta kemudian dinilai secara berkala selama lebih dari 20 tahun.

Temuan yang diterbitkan dalam The BMJ menunjukkan, setelah disesuaikan dengan faktor-faktor yang berpotensi mempengaruhi seperti usia, etnis dan riwayat medis keluarga, harapan hidup bagi wanita pada usia 50 adalah 24 tahun bebas dari kanker, penyakit kardiovaskular dan diabetes bagi mereka yang tidak mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat.

Namun, wanita yang mengikuti empat atau lima kebiasaan sehat memiliki 34 tahun bebas penyakit. Hasilnya serupa untuk pria, yaitu mereka yang tidak mengadopsi kebiasaan sehat memiliki harapan hidup yang bebas dari penyakit kronis selama 24 tahun, dibandingkan dengan 31 tahun untuk pria yang mengadopsi empat atau lima kebiasaan sehat.

Wanita yang mengikuti empat atau lima faktor gaya hidup sehat memiliki harapan hidup lebih lama 10,6 tahun bebas dari penyakit kronis utama, daripada wanita dengan nol faktor gaya hidup sehat.

Sementara pria memperoleh 7,6 tahun lebih bebas dari penyakit kronis utama dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki faktor gaya hidup sehat. Pria yang perokok berat (15 batang atau lebih sehari) atau pria dan wanita gemuk (indeks massa tubuh 30 atau lebih) memiliki proporsi terendah (75 persen atau kurang) dari harapan hidup bebas penyakit pada usia 50 tahun.

Para peneliti mencatat karena ini adalah penelitian observasional, mereka tidak dapat menetapkan sebab dan akibat. Penelitian ini memang memiliki keterbatasan, misalnya melaporkan sendiri gaya hidup bisa rentan terhadap kesalahan.

Tetapi mereka mencatat penelitian ini mencakup sejumlah besar peserta yang mengikutinya dalam jangka panjang dan mengadopsi pola makan dan gaya hidup sehat tampaknya menambah ekstra tahun ke masa hidup. Terutama tahun yang bebas dari penyakit kronis utama.

BERITA TERKAIT