test

News

Jumat, 4 Agustus 2023 09:06 WIB

Menhub: Kemacetan Timbulkan Kerugian Capai Rp60 Triliun Setahun

Editor: Hadi Ismanto

Situasi kemacetan di Jakarta. (Foto: PMJ News/Hadi)

PMJ NEWS - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut kemacetan yang terjadi di kota besar maupun kecil di Indonesia menimbulkan berbagai persoalan, salah satunya masalah ekonomi.

Pernyataan tersebut disampaikan Menhub Budi seusai menghadiri rapat yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

Budi mencontohkan macet yang hampir setiap hari di DKI Jakarta. Menurut dia, kerugian yang dialami akibat kepadatan lalu lintas ini mencapai Rp60 triliun setiap tahun.

"Dari apa yang disampaikan Presiden, yang dihitung saat beliau menjadi gubernur, Jakarta itu kerugiannya Rp 60 triliun satu tahun," ujar Budi usai rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (3/8/2023).

Untuk mengatasi kemacetan, lanjut Budi, pemerintah menggencarkan pembangunan infrastruktur. Dia menilai hal itu sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan yang ada di berbagai wilayah.

"Jadi, kalau kita membangun, pada dasarnya memberikan solusi. Kota-kota besar yang jadi prioritas yaitu selain Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Makassar," tukasnya.

BERITA TERKAIT