test

News

Minggu, 30 Juli 2023 09:09 WIB

Kementerian ESDM: Ada 4.578 Pemohon Konversi Motor BBM ke Listrik

Editor: Ferro Maulana

Pasar motor listrik semakin berkembang. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS -  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan terdapat sekitar ribuan pemohon yang terdaftar guna mengonversi motor BBM ke motor listrik.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana menjelaskan hingga 27 Juli 2023 tercatat ada 4.578 pemohon konversi yang terdaftar oleh pihaknya.

"Sampai 27 Juli 2023, sudah terdapat 4.578 pemohon konversi yang daftar melalui platfrom digital. 94 persen ini berlokasi di Jawa,” terang Dadan dalam siaran persnya, Minggu (30/7/2023).

“Ini mulai siap, kami juga lakukan pelatihan, di Jawa, Purbalingga, Bali. Sehingga ini bisa dieksekusi secara cepat," ujarnya menambahkan.

Menurutnya, Kementerian ESDM akan memperbanyak beberapa gerai bengkel untuk kendaraan listrik. Selain itu, juga siap memberikan pelatihan kepada pengelola bengkel.

Lebih jauh Dadan mengatakan, telah terdapat delapan bengkel konversi bersertifikat dengan kapasitas 35 ribu kendaraan motor per tahun. 

“Untuk bisa menambah ini kami lakukan pelatihan teknis, mentor dan bengkel sertifikat untuk menggandeng bengkel lainnya," tandasnya.

BERITA TERKAIT