test

News

Kamis, 27 Juli 2023 20:03 WIB

Menag Sesalkan Aksi Vandalisme 'Depok' di Gua Hira Arab Saudi

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: PMJ News/Dok Kemenag)

PMJ NEWS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyesalkan terjadinya aksi vandalisme berbahasa Indonesia di bebatuan Gua Hira, Jabal Nur, Makkah, Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Menag Yaqut seusai menyambut kedatangan petugas haji di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Kamis (27/7/2023).

"Ya, saya kira vandalisme ini sesuatu perbuatan yang menurut saya di manapun apalagi di tanah suci, apalagi di Gua Hira yang sangat bersejarah itu tidak patuh," ungkap Yaqut Cholil Qoumas.

Menurut Yaqut, pihaknya akan memberikan pengarahan lebih lanjut terkait apa saja yang tidak boleh dilakukan saat melakukan ibadah haji. Pemahaman tersebut bakal diberikan saat manasik haji.

"Dan ini catatan kami, agar ke depan ini menjadi bagian manasik haji kalau jemaah tidak boleh melakukan vandalisme dengan corat coret," tuturnya.

Selain soal vandalisme, lanjut Yaqut, banyak hal yang menjadi catatan dan perlu dievaluasi dalam pelaksanaan ibadah haji 2023. Salah satunya bagaimana jemaah gunakan toilet di pesawat.

"Banyak catatan yang akan jadi bahan perbaikan ke depan, termasuk bagaimana jemaah gunakan toilet di pesawat, kemudian masa tugas petugas yang terlalu panjang 62 hingga 78 hari," terangnya.

"Terlalu panjang dan jenuh, sehingga kita khawatir jadi kontra produktif dan kita buat skema baru untuk petugas agar masa tugas petugas gak panjang," imbuhnya.

BERITA TERKAIT