test

News

Kamis, 27 Juli 2023 14:05 WIB

KPK Tak Ingin Gegabah Soal Informasi Harun Masiku Berada di Kamboja

Editor: Hadi Ismanto

Buronan KPK Harun Masiku. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Harun Masiku dikabarkan saat ini berada di Kamboja. Mantan politisi PDIP ini menjadi DPO terkait kasus dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR.

Menanggapi kabar ini, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pihaknya tidak akan bertindak gegabah menindaklanjuti informasi yang beredar. Lembaga anti rasuah itu bakal memastikan terlebih dahulu berita itu.

Menurut Alex, pihaknya akan lebih selektif dan mencari informasi valid karena sebelumnya KPK pernah sempat terkecoh soal kabar keberadaan Harun di Malaysia. Namun, setelah dicek ternyata tidak ada.

"Kemarin ada informasi katanya ke Malaysia, kita sudah kirim tim untuk menindaklanjuti informasi itu. Penyidik kita kirim, ternyata kosong," ujar Alexander Marwata saat dikonfirmasi, Kamis (27/7/2023).

Kendati begitu, Alex memastikan KPK masih terus memburu Harun Masiku. Dia menyebut pihaknya sudah sejak lama berkoordinasi dengan Mabes Polri dan interpol untuk pencarian Harun Masiku.

"Koordinasi sudah dari dulu, kita minta supaya diterbitkan red notice sudah, ke Interpol sudah," tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri tengah mendalami soal kabar keberadaan buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Harun Masiku di Kamboja. Dia menjadi DPO terkait kasus dugaan suap pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR.

"Kami akan tindaklanjuti (informasi Harun Masiku di Kamboja)," ujar Kadiv Hubungan Internasional (Hubinter) Polri, Irjen Pol Krishna Murti saat dikonfirmasi, Rabu (26/7/2023).

Lebih lanjut Krishna mengatakan, Polri tentunya akan berkoordinasi dengan KPK dan otoritas di Kamboja untuk menindaklanjuti informasi keberadaan Harun Masiku.

"(Polri) kerja sama dengan KPK dan Interpol serta otoritas Kamboja," ucapnya.

BERITA TERKAIT