test

News

Jumat, 14 Juli 2023 14:02 WIB

Jokowi: ASEAN Tidak Boleh Jadi Ajang Persaingan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi memberikan sambutan di depan para Menteri Luar Negeri ASEAN dan negara mitra. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN dan negara mitra yang hadir di Jakarta dalam rangka menghadiri Pertemuan ke-56 Menlu ASEAN.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengajak para Menteri Luar Negeri (menlu) ASEAN dan negara-negara mitra yang hadir menjadi pemenang tanpa merendahkan.

"Ada sebuah pepatah di Indonesia, yaitu menang tanpa ngasorake. Yang artinya, kita dapat menjadi pemenang tanpa merendahkan yang lain. Tanpa mengalahkan yang lain," ungkap Jokowi di Hotel Shangri-la Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Jokowi mengatakan, kehadiran para menlu mitra ASEAN dalam ASEAN Plus Meeting dan ASEAN Post Ministerial Conference adalah untuk mencari penyelesaian masalah-masalah kawasan dan dunia, bukan sebaliknya.

Presiden menyebut ASEAN berkomitmen memperkuat persatuan, soliditas, dan sentralitas dalam rangka menjaga perdamaian serta stabilitas di kawasan.

"ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan. Tidak boleh menjadi proksi negara mana pun. Dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten. Untuk itu kerja dan dukungan nyata dari para mitra dan tamu ASEAN kami harapkan," tukasnya.

Pertemuan itu dihadiri para Menlu dari negara-negara ASEAN, kecuali Myanmar. Selain itu, Menlu Amerika Serikat, Menlu Inggris, Menlu Australia, hingga Diplomat Top China juga hadir dalam pertemuan tersebut.

BERITA TERKAIT