test

Hukrim

Jumat, 14 Juli 2023 08:08 WIB

Amankan Bukti Suap Dana PEN Proyek Muna, Tim KPK Geledah 10 Lokasi

Editor: Ferro Maulana

Gedung KPK di kawasan Rasuna Said Kuningan Jakarta. (Foto: Dok PMJ News)

PMJ NEWS -  Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah 10 lokasi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (13/7/2023).

Dari 10 lokasi itu, KPK mengamankan bukti dokumen aliran uang suap pengurusan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk proyek di Muna.

Adapun, delapan antara lain merupakan Kantor Dinas Pemkab Muna. Delapan Kantor Dinas Pemkab Muna yang digeledah seperti, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura; Dinas Perindustrian dan Perdagangan; Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Selanjutnya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi; Dinas Ketahanan Pangan; Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan; Dinas Kepemudaan dan Olahraga; serta RSUD Pemkab Muna. Sementara itu, dua lokasi lainnya merupakan Kantor CV Farid Pratama dan Kantor PT Bangun Ekonomi Saurea.

"Tim penyidik KPK telah selesai geledah beberapa kantor Dinas di Pemkab Muna dan dua kantor swasta tersebut," terang Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, di Jakarta, Jumat (14/7/2023).

Petugas KPK mengamankan dokumen terkait berbagai proyek di Kabupaten Muna. Poyek pekerjaan di Muna tersebut diduga menggunakan dana pinjaman PEN untuk Kabupaten Muna.

Saat ini KPK tengah menganalisa dokumen tersebut dalam rangka proses penyitaan.

"Ditemukan dan diamankan bukti, antara lain berupa berbagai dokumen proyek pekerjaan yang anggarannya menggunakan dana PEN. Berikutnya segera dilakukan analisis dan penyitaan," tandasnya. 

BERITA TERKAIT