test

Kesehatan

Selasa, 4 Juli 2023 10:04 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Rumput Laut Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Sejak berabad-abad silam, rumput laut sudah dikonsumsi sebagai lauk sehari-hari. Rumput laut merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang mencakup ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat.

Selain itu, rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan. Manfaat rumput laut untuk kesehatan berkaitan dengan kandungan nutrisinya yang melimpah.

Beragam nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral hingga antioksidan bisa kamu temukan dalam makanan laut ini. Bahkan rumput laut dipercaya sebagai makanan rendah kalori.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/7/2023), berikut manfaat rumput laut bagi kesehatan:

1. Meringankan Diabetes
Rumput laut dipercaya dapat meringankan diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat, yang bisa didapat dari sayur, buah, dan rumput laut, dapat membantu memperbaiki kadar gula darah.

Jumlah serat yang tinggi membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Menambahkan rumput laut ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan asupan serat seseorang tanpa peningkatan kalori yang besar.

Senyawa dalam rumput laut juga dapat mengurangi faktor risiko diabetes seperti peradangan, kadar lemak tinggi, dan sensitivitas insulin.

2. Turunkan Resiko Kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat rumput laut yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara.

Serat larut yang ditemukan dalam rumput laut juga dipercaya dapat membantu menekan perkembangan kanker usus besar. Namun, penelitian lanjutan masih diperlukan untuk membuktikan hal ini.

3. Bantu Tingkatkan Fungsi Tiroid
Manfaat rumput laut bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid. Tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Asupan makanan yang direkomendasikan untuk yodium adalah 150 mcg per hari. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dalam jumlah terkonsentrasi dari laut.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Kesehatan jantung juga dapat dijaga dengan konsumsi rumput laut. Manfaat rumput laut satu ini berkaitan dengan kandungan serat larut air yang baik, mengandung asam lemak omerga-3 serta antioksidan.

Seperti yang dicatat dalam sebuah penelitian, makanan berserat tinggi seperti alga juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh.

Tubuh kemudian menggunakan kolesterol untuk menggantikan unsur-unsur ini, yang dapat mengakibatkan penurunan total kolesterol hingga 18 persen.

Selain itu, penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

5. Turunkan Berat Badan
Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sedang dalam program diet, juga bisa mendapatkan manfaat rumput laut ini. Kandungan serat dan fucoidan, sejenis sulfat polisakarida dapat meningkatkan pemecahan lemak serta mencegah pembentukan lemak.

Serat membantu seseorang merasa kenyang, tetapi mengandung sangat sedikit atau bahkan tidak ada kalori. Menurut penelitian di Marine Drugs, sejumlah besar serat makanan menunda pengosongan perut.

BERITA TERKAIT