test

Kesehatan

Minggu, 5 Maret 2023 22:01 WIB

5 Manfaat Konsumsi Agar-agar Bagi Kesehatan, Tapi Jangan Berlebihan

Editor: Hadi Ismanto

Mengonsumsi agar-agar rumput laut baik bagi kesehatan tubuh apabila tidak dimakan secara berlebihan. (Foto: Kolase PMJ News)

PMJ NEWS - Agar-agar yang terbuat dari rumput laut kerap dijadikan menu camilan atau penutup. Selain lembut dan manis, agar-agar menjadi salah satu pilihan menu sehat karena kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori.

Agar-agar memiliki beberapa nutrisi penting seperti kalsium, magnesium, dan zat besi meskipun dalam jumlah yang kecil. Karena itu, agar-agar bisa dikombinasikan dengan bahan makanan yang sehat di antaranya buah-buahan atau sayuran.

Perlu diingat bahwa agar-agar sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan dan tetap dikombinasikan dengan makanan yang seimbang dan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (5/3/2023), berikut manfaat mengonsumsi agar-agar bagi kesehatan tubuh apabila tidak dimakan secara berlebihan.

1. Menurunkan Kolesterol
Agar-agar mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Serat ini membantu mengikat lemak dalam tubuh dan mengeluarkannya dari sistem pencernaan.

Selain itu, agar-agar juga dapat membantu mengurangi penyerapan lemak di usus.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Agar-agar mengandung serat yang mudah dicerna oleh tubuh dan membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat agar-agar ini juga membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus besar.

Selain itu, agar-agar juga membantu meningkatkan kadar asam lambung dan mengurangi risiko GERD (gastroesophageal reflux disease).

3. Menjaga Kesehatan Tulang
Agar-agar mengandung kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya membuat manfaat agar-agar dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Jantung
Agar-agar mengandung polisakarida yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini dapat membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

5. Menurunkan Risiko Diabetes
Manfaat agar-agar dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

Hal ini karena agar-agar mengandung sejumlah besar serat, yang membantu melambatkan penyerapan gula darah dari makanan.

BERITA TERKAIT