test

News

Senin, 19 Juni 2023 19:07 WIB

Satria 1 Diluncurkan, Beri Akses Internet 150 Ribu Titik Kecepatan 1 Mbps

Editor: Ferro Maulana

Satelit Republik Indonesia 1. (Foto: Istimewa)

PMJ NEWS -  Satelit Republik Indonesia (Satria) 1 yang baru diluncurkan bisa memberikan akses internet kepada 150.000 titik dengan kecepatan internet mencapai 1 mbps.

Executive Vice President Thales Alenia Space Marc Henri Serre menerangkan, satelit itu dirancang untuk menjembatani kesenjangan digital di Tanah Air.

Pasca diorbitkan, satelit tersebut menawarkan throughput sebesar 150 gbps.

Menurutnya, teknologi itu akan menghadirkan internet berkecapatan tinggi ke ribuan pulau di Indonesia dan menyediakan konektivitas di ribuan zona yang digunakan sekolah, rumah sakit, hingga fasilitas pemerintah.

"Saya senang melihat Satria berhasil diluncurkan. Misi ini akan menerapkan internet throughput sangat tinggi di seluruh Indonesia dan membantu mengembangkan infrastruktur digital bangsa," tuturnya, melansir situs resminya, Senin (19/6/2023).

Adapun, Satria merupakan satelit komunikasi very high throughput satellite (VHTS) pertama di Indonesia dan menjadi yang terkuat di wilayah Asia Tenggara.

Satelit berbobot 4,6 ton tersebut sudah diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX pada Senin (19/6/2023) pagi, sekitar pukul 05.31 WIB.

Satelit itu akan beroperasi pada frekuensi Ka Band dan diposisikan di orbit 146 derajat BT dengan umur yang didesain selama 15 tahun.

BERITA TERKAIT