test

Fokus

Sabtu, 17 Juni 2023 21:30 WIB

Haru, Perjuangan Putri Ariani Raih Kesuksesan Internasional

Editor: Ferro Maulana

Putri Ariani. (Foto: Ilustrasi/ Istimewa)

PMJ NEWS -  Putri Ariani yang mendapatkan golden buzzer dari Simon Cowell saat tampil di America's Got Talent, kesuksesan ini pun menuai berbagai apresiasi dan pujian dari berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya @jokowi, Presiden mengucapkan selamat kepada Putri Ariani. Jokowi mengaku bangga akan prestasi Putri.

"Beberapa hari ini nama penyanyi Indonesia Putri Ariani menjadi pembicaraan dan pemberitaan oleh talentanya yang memukau dunia lewat penampilan di panggung America's Got Talent 2023," tulis Jokowi.

Presiden Jokowi mengundang Putri Ariani, penyanyi Indonesia yang tampil membanggakan di ajang America’s Got Talent ke Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)
Presiden Jokowi mengundang Putri Ariani, penyanyi Indonesia yang tampil membanggakan di ajang America’s Got Talent ke Istana Merdeka, Jakarta. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

"Saya pun turut bangga dan menikmati tayangan ulang penampilan Putri Ariani itu," sambungnya.

Jokowi berharap Putri Ariani dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kepala Negara juga mendoakan Putri bisa meraih cita-citanya serta dapat mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional.

"Memang, ini barulah babak awal dari perjalanan panjang Putri Ariani ke depan. Apa yang diraih Putri Ariani saat ini semoga memberi inspirasi dan semangat kepada semua orang bahwa semua impian dan cita-cita dapat diraih dengan ketekunan, kerja keras, serta kepercayaan atas kemampuan diri sendiri," tuturnya.

"Selamat kepada Putri Ariani. Terbanglah semakin tinggi, meraih cita-cita, dan tetap membawa nama Indonesia," imbuhnya.

Sudah Daftar AGT Sejak 2018

Putri Ariani merupakan siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) II Kasihan Bantul atau yang terkenal dengan Sekolah Menengah Musik (SMM) suskes meraih tiket Golden Buzzer pada ajang American Got Talent (AGT) 2023.

Pada Minggu (11/6/2023) pagi, Putri menyempatkan diri pulang ke Yogyakarta. Tetapi bukan pulang, status Putri saat ini adalah transit karena akan meneruskan perjalanan ke kegiatan-kegiatan lain.

 

Putri Ariani. (Foto: Istimewa)
Putri Ariani. (Foto: Istimewa)

Setelah mendarat di Bandar Yogyakarta International Airport (YIA), putri langsung menyempatkan diri mampir ke SMM, tempatnya belajar musik selama ini. Putri ingin bertemu dengan para guru dan juga teman-temannya.

Di hadapan wartawan, Putri mengaku tidak bisa menggambarkan kebahagiaannya mendapat Golden Buzzer dalam hajatan AGT tersebut. Putri mengaku senang, bangga dan terharu.

"Saya senang, bangga, terharu dan tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata,"ujar dia.

Agar bisa mengikuti AGT 2023 ini memang bukan suatu perjalanan yang singkat. Karena sebenanrnya Putri sudah pernah mengisi formulir atau apply pendaftaran AGT tersebut tahun 2018 yang lalu, namun tidak ada tindak lanjutnya.

Selanjutnya, tahun 2023 ini, dia mendapatkan undangan dari panitia untuk mengikuti proses di AGT. Meskipun mendapat undangan, namun Putri juga harus melalui proses yang sama dengan peserta-peserta lainnya.

“Saya teman-teman hari ini ini memang perdana Putri makanya yang pasti senang bangga terharu Alhamdulillah aa gak bisa didefinisikan pakai kata-katanya jadi awalnya tahun 2018,” ujarnya.

"Tahun ini diinvite tetapi tetap sama seperti peserta lain tetap audisi interview video secara online," kenangnya.

Meskipun mendapat Golden Buzzer namun Putri tetap berharap dukungan dari masyarakat Indonesia dan dunia karena memang masih ada tahap-tahap selanjutnya untuk menuju ke final. Dia masih harus live show dan juga show on.

Karena menuju ke final, Putri mengaku akan terus mempersiapkannya dengan maksimal. Dia akan terus meningkatkan latihan teknik dan skill dalam bernyanyi dan bermusik. Kemudian juga berdoa lebih banyak lagi.

Putri pun mengaku dengan mendapatkan Golden Buzzer ini maka dia tidak perlu mengikuti proses audisi lanjutan. Karena dia langsung akan tampil atau Show on di Los Angeles. Untuk lagu yang akan ia bawakan, Putri masih merahasiakannya.

"Untuk lagu tidak akan saya spill di sini. Nanti tidak surprise," tambahnya.

Berkaitan kegiatan ke depan, Putri mengaku hanya ingin menikmatinya. Ketika ditanya ada kemungkinan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi, Putri mengaku belum berpikir lebih jauh.

Meski begitu, untuk bertemu Menteri Parekraf Sandiaga Uno kemungkinan terjadi karena kebetulan dia diundang untuk mengisi acara Kemenparekraf.

Sempat Dibayar Beras dan Uang Rp50 Ribu

Di balik kesuksesannya saat ini, terdapat kisah haru saat Putri Riani memulai karirnya.

Putri Ariani. (Foto: Istimewa)
Putri Ariani. (Foto: Istimewa)

Putri Ariani tidak langsung meraih keberhasilan, melainkan mengalami perjuangan dari nol, bernyanyi di depan orang banyak dan dibayar dengan sembako.

Hal tersebut diceritakannya saat menjadi bintang tamu dalam konten milik Irfan Hakim di kanal YouTube dehakims Story.

Kisah perjuangan Putri Ariani ini juga diceritakan oleh sang ibunda tercinta Reni Alfianty.

Reni mengungkapkan Putri Ariani tinggal di Yogyakarta dari tahun 2016 hingga 2018 bersama dengan kakeknya.

Hal itu terjadi sebelum Putri Ariani mengikuti ajang The Voice Kids Indonesia.

Lantaran tidak ada yang mengelola jadwal dan kebutuhan Putri untuk tampil bernyanyi, akhirnya Putri menerima tawaran manggung seadanya.

Bahkan, ia pernah tampil dan dibayar dengan sembako berupa beras.

"Dulu kan sempat dibayar pakai beras doang," kenang san bunda.

Dirinya melanjutkan, bahwa anaknya pernah dibayar Rp 50 ribu setelah tampil bernyanyi. Momen itu menjadi pengalaman lucu bagi Putri dan menandakan bahwa dia memulai karir musiknya dari nol.

BERITA TERKAIT