test

News

Jumat, 28 April 2023 10:22 WIB

Panglima TNI Jelaskan Kesulitan Evakuasi WNI dari Sudan

Editor: Fitriawan Ginting

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: PMJ News/Dok Puspen TNI)

PMJ NEWS - Sebanyak 385 warga negara Indonesia (WNI) tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Jumat (28/4/2023), usai dievakuasi dari negara konflik Sudan. Kemenlu RI Retno Marsudi dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyambut kedatangan para WNI yang terbang dari Jeddah dengan pesawat Garuda GA991 hari ini. Direncanakan, penerbangan WNI ke Indonesia dijadwalkan berlangsung dalam tiga tahap.

Untuk tahap kedua akan diberangkatkan pada 29 April 2023 dan tiba di Indonesia pada 30 April 2023. Adapun pemulangan ketiga akan dilaksanakan pada 30 April 2023 dengan menggunakan pesawat TNI.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengungkapkan bahwa masih ada 111 WNI yang berada di Sudan. Dan Panglima Yudo berharap mereka bisa segera diberangkatkan ke Jeddah.

Panglima TNI Yudo Margono menerangkan, kenapa proses evakuasi WNI sulit, yaitu pangkalan udara merupakan lokasi strategis yang harus direbut saat konflik.

"Pangkalan udara merupakan pangkalan strategis yang biasanya dalam perang akan menjadi salah satu yang harus diperebutkan, sehingga dalam evakuasi juga harus menunggu saat itu aman atau jadwal negara-negara lain melakukan evakuasi," jelas Yudo.

Ditambahkan Yudo Margono, pesawat WNI telah melakukan dua kali evakuasi dari Sudan.

BERITA TERKAIT