test

News

Rabu, 26 April 2023 09:05 WIB

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Alami Penurunan 13 Persen

Editor: Hadi Ismanto

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memantau langsung situasi dan kondisi arus balik lebaran di Cikampek Utama. (Foto: PMJ News/Dok NTMC Polri)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajaran memantau langsung situasi dan kondisi arus balik Lebaran di Cikampek Utama, Selasa (25/4/2023). Tinjauan langsung dilakukan guna memastikan kelancaran puncak arus balik.

"Alhamdulillah, terjadi perubahan. Awalnya kita menduga hari ini akan terjadi puncak arus balik, namun adanya kebijakan yang sudah diumumkan pemerintah terjadi penurunan kurang lebih 13 persen," jelas Sigit dikutip dari laman NTMC Polri, Rabu (26/4/2023).

Penurunan 13 persen tersebut, lanjut Sigit, akan dilihat dan ditunggu hingga pagi nanti 26 April 2023 pukul 06.00 WIB. Jika ini tetap bertahan, artinya sudah bisa menurunkan prediksi yang telah diperkirakan dan lalin benar-benar terdistribusi dalam beberapa hari ini.

Menurut Kapolri, penurunan 13 persen kendaraan arus balik terbantu dengan dikeluarkannya kebijakan dengan diberi kesempatan bagi TNI-POLRI-ASN cuti tambahan dan perubahan waktu halal bihalal instansi, serta pemberian tarif diskon tol.

"Hal ini silahkan dimanfaatkan sehingga rangkaian puncak balik ini betul-betul bisa kita antisipasi dan semuanya bisa berjalan dengan lancar walaupun terjadi kepadatan, kita bisa hindari resiko terjadinya stack dan kemacetan luar biasa," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolri juga memerintahkan kepada seluruh anggota untuk tetap siap siaga baik di jalur tol maupun Arteri hingga hari Minggu, 30 April 2023.

"Saya minta untuk anggota tetap siap siaga baik di jalur tol maupun di jalur arteri, sehingga distribusi dari puncak arus balik ini semuanya tetap bisa terlayani dengan baik," tukasnya.

BERITA TERKAIT